Pemanfaatan Kolam Gizi Menjadi Inovasi Unggulan Kelurahan Ujung Menteng

Jakarta Timur, (16/5/2024) – Kelurahan Ujung Menteng tak hanya menjadikan batik tulis Ujung Menteng menjadi unggulan dalam Lomba Kelurahan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur, kegiatan urban farming dan pemanfaatan lahan untuk kolam gizi juga jadi salah satu bagian dari unggulan kelurahan di Kecamatan Cakung tersebut. 

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, saat memimpin tim penilai verifikasi lapangan (verlap) Lomba Kelurahan Kota Administrasi Jakarta Timur 2024, Kamis (16/5/2024). Penilaian dilakukan mulai dari administrasi, inovasi hasil pemberdayaan dan pembinaan hingga keterlibatan masyarakat.

“Kegiatan urban farming dan pemanfaatan lahan untuk kolam gizi dalam rangka untuk menurunkan prevelensi angka stunting di wilayah Jakarta Timur, khususnya Kelurahan Ujung Menteng. Ini merupakan salah satu inovasi yang baik dalam melakukan kerjasama yang baik oleh stakeholder yang ada, dari RT, RW, LMK, PKK, Kader Dasawisma, tokoh masyarakat serta semua warga,” kata Wakil Walikota. 

Kelurahan Ujung Menteng merupakan satu dari lima kelurahan yang menjalani penilaian tahap kedua Lomba Kelurahan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur. Nantinya, akan dipilih tiga kelurahan yang terbaik yang mewakili Jakarta Timur di tingkat provinsi. 

“Diharapkan nanti yang terpilih dapat menjadi yang terbaik di Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Ujung Menteng, Agus Sulaeman menuturkan, penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur lebih menekankan kepada pemberdayaan masyarakat yang sudah dilakukan di Kelurahan Ujung Menteng. 

“Ada beberapa yang sudah kami lakukan yaitu pemanfaatan lahan sebagai kolam gizi untuk perbaikan stunting di wilayah Ujung Menteng, setelah itu ada mencanting batik.Kami berharap dari kegiatan UMKM mencanting batik ini dan menghasilkan produk batik dapat menyerap lapangan pekerjaan di wilayah Kelurahan Ujung Menteng. Insyaallah semua sudah melakukan yang terbaik dalam lomba kelurahan, kami optimis menjadi yang terbaik,” ungkapnya. (JS)