Walikota Tinjau Dua Lokasi Normalisasi di Wilayah Kecamatan Pasar Rebo

Jakarta Timur, (215/2024) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau dua lokasi normalisasi pembangunan saluran sebagai antisipasi banjir atau genangan yang dilakukan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) di wilayah Kecamatan Pasar Rebo, Selasa (21/5/2024). Lokasi berada di Jalan Gongseng RW 07 Kelurahan Cijantung dan Jalan Kalisari III RW 06 Kelurahan Kalisari.

“Saluran tersebut kurang besar dan kurang dalam, sehingga pada saat hujan deras saluran tersebut tidak dapat menampung air sehingga melimpas ke jalan. Dari Sudin SDA saluran tersebut akan dilebarkan dan didalamkan agar bisa menampung air disaat hujan deras,” kata Walikota menjelaskan tentang saluran di Jalan Gongseng. 

Tak berbeda dengan saluran di Kelurahan Cijantung, Walikota menjelaskan, saluran di Jalan Kalisari juga dilakukan revitalisasi dengan mengganti saluran dengan u-ditch yang lebih besar agar menampung air hujan lebih banyak. Di lokasi ini juga akan dibuat saluran baru mengarah ke belakang pemukiman warga menuju GOR Kalisari 

“Saya meninjau pembangunan saluran air di Jalan Kalisari III, dekat GOR Kalisari Kelurahan Kalisari, yang posisinya rendah saat hujan deras air dan saluran tidak dapat menampung sehingga air tersebut menggenangi GOR Kalisari dan pemukiman dibelakang GOR,” ungkapnya. 

Walikota menambahkan, pembangunan kedua saluran merupakan usulan warga di Musrenbang. Data-data tersebut dikumpulkan Sudin SDA Jakarta Timur dan langsung dikerjakan karena merupakan kebutuhan warga. 

“Mudah-mudahan dari yang dilakukan ini bisa menyelesaikan permasalahan warga. Kami apresiasi Suku Dinas Sumber Daya Air yang telah melakukan pengerjaan saluran air tersebut,” lanjutnya. 

Sementara itu, untuk pohon-pohon sepanjang normalisasi saluran air yang terkena dampaknya, Walikota menegaskan, akan diganti sesuai rekomendasi teknis dari Suku Dinas Pertamanan. 

“Apabila satu pohon terkena pembangunan, akan diganti menjadi tiga pohon sesuai dari kedinasan,” pungkasnya. (JS)