Kelurahan Kalisari Sulap Lahan Tidur Jadi Taman, Progres Capai 60 Persen

Jakarta Timur, (24/5/2024) - Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, memanfaatkan lahan tidur di Jalan Kalisari Raya RT 06/02 menjadi taman unggulan. Progres pembangunan taman sepanjang 60 meter yang dibangun sejak April lalu, saat ini sudah mencapai 60 persen. 

Pembuatan taman awalnya mengerahkan 20 anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), namun saat penataan sudah berjalan hanya 10 anggota PPSU yang diturunkan. Lurah Kalisari, Siti Nurhasanah, menjelaskan taman yang menjadi kawasan unggulan dibangun di lokasi yang berdekatan dengan taman yang sebelumnya sudah dibangun pihak kelurahan dan hanya berjarak 150 meter. 

"Penataan kawasan unggulan dilakukan di lokasi tersebut karena masih terdapat lahan tidur yang tak terpakai. Sebelumnya, banyak pedagang kaki lima mangkal disitu dan semak belukar, sehingga terkesan kumuh. Apalagi sampah sering dibuang begitu saja di lokasi tersebut," terang Siti Nurhasanah, saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Jumat (24/5/2024).

Untuk menghilangkan kesan kumuh itulah, pihak Kelurahan Kalisari memilih lokasi tersebut sebagai taman unggulan triwulan kedua tahun 2024. 

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Kalisari, Evy Widyasanti menambahkan, pekerjaan dimulai pada pertengahan April kemarin. Taman dibuat minimalis dengan tema batik menggunakan bata merah untuk mempercantik taman.

"Taman minimalis ini kita buat dengan tema bata merah batik, karena menonjolkan pola seperti batik," jelas Evy.

Nantinya, di lokasi taman, akan ditanami tanaman hias sehingga lingkungan terlihat lebih hijau dan asri. 

"Diharapkan masyarakat nanti turut merawat dan menjaganya agar taman terpelihara dengan baik dan terlihat sejuk. Apalagi kawasan ini menjadi lintasan penghubung antara wilayah Depok dan Jakarta Timur," tandasnya. (JS)