Kelurahan Lubang Buaya Lolos 6 Besar Kampung KB Tingkat Nasional

Jakarta Timur, (27/5/2024) –  Kelurahan Lubang Buaya menjadi satu-satunya wakil DKI Jakarta dalam Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Tingkat Nasional. Torehan ini diraih kelurahan yang berada di Kecamatan Cipayung dengan lolos 6 besar dari 64 ribu desa dan kelurahan di Indonesia. 

Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengapresiasi keberhasilan Kelurahan Lubang Buaya yang tak hanya mewakili Jakarta Timur tapi juga DKI Jakarta. Hal itu diungkapkan Walikota saat menghadiri verifikasi tim lapangan Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rawa Binong, Selasa (28/5/2024). 

“Saya bersyukur kepada Allah SWT, Jakarta Timur mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam lomba kampung keluarga berkualitas. Dari 64 ribu desa dan kelurahan di Indonesia, Kelurahan Lubang Buaya menjadi masuk menjadi 6 terbaik, ini yang patut kita syukuri,” kata Walikota yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur Diah Anwar.

Verifikasi dihadiri 11 orang, terdiri dari 10 anggota penilai dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKN) dan satu anggota dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Teguh Supriyadi, Asisten Deputi Bidang Agama, Kesehatan, Pemuda dan Olahraga. Tim penilai dipimpin Drs.Eli Kusnaedi, yang merupakan Penyuluh KB Utama BKKBN Pusat Republik Indonesia.

Walikota berharap Kelurahan Lubang Buaya bisa menjadi yang terbaik dan menjadi contoh di seluruh Indonesia. Jika itu terjadi, ia ingin Kelurahan Lubang Buaya terus meningkatkan daya tariknya. 

“Jika memang nanti terpilih pastikan menjadi contoh di seluruh Indonesia, pasti nanti banyak yang berkunjung. Apa yang hebat dan yang menarik di sini, jadi kita harus buktikan kita pantas menjadi juara, baik dari pembinaan serta pemberdayaan masyarakat. Semuanya ada dengan data yang lengkap, jadi lomba ini bukan hanya sekedar seremoni tetapi kita sudah buktikan dengan tahapan progres kita lakukan terus, dari tahun 2017 hingga sekarang ini dan ke depan akan kita tingkatkan terus sampai kedepannya,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, tim penilai mengunjungi delapan stand yang berada di RPTRA, di antaranya Unit Peningkatan Penghasilan Keluarga Aseptor (UPPKA), Pos Binaan Terpadu (Posbindu), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pelayanan Jemput Bola, Bina Kegiatan Remaja (BKR), Pusat Informasi Keluarga (PIK), Bina Keluarga Balita (BKB) PAUD, dan Posyandu. Penilaian diwarnai penyerahan akta nikah dan akta kelahiran kepada warga Kelurahan Lubang Buaya yang diserahkan langsung oleh perwakilan tim juri, Teguh Supriyadi.

“Saya sangat impresif untuk pencapaian kampung keluarga berkualitas di Kelurahan Lubang Buaya ini. Walaupun ini tempatnya RPTRA, tetapi banyak dilakukan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat seperti sudah sama-sama kita saksikan tadi,” puji Teguh.

Teguh menambahkan, tak mudah bisa lolos enam besar dari 64 ribu desa dan kelurahan seluruh Indonesia. Dia harus mengakui dari hasil wawancara dan verifikasi administrasi, ternyata hasil verifikasi lapangan jauh lebih bagus dan hebatnya mendapat dukungan dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

“Cukup bagus, dan sangat inovatif kegiatan yang dilakukan di Kampung Keluarga Berkualitas di Kelurahan Lubang Buaya, serta komitmen bapak Walikota Administrasi Jakarta Timur menyempatkan hadir bersama para OPD-nya itu adalah suatu bentuk kesungguhan melakukan implementasi kampung Keluarga Berkualitas,” ungkapnya.

Penilaian juga dihadiri Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Rohmad, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, dan Lurah Lubang Buaya Dede Saifullah. (JS)