Walikota Hadiri Deklarasi STBM Stop BABS di Kelurahan Pondok Kelapa

Jakarta – Sebanyak 15 orang, terdiri dari Ketua RW di lingkungan Kelurahan Pondok Kelapa mendeklarasikan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di halaman Kantor Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (31/5/2024). Deklarasi disaksikan langsung Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Pembacaan deklarasi secara serentak dan bersamaan yang dipimpin Lurah Pondok Kelapa, Rasikin, merupakan hasil komitmen seluruh warga Kelurahan Pondok Kelapa. Sebagai percontohan, wilayah ini sudah bebas buang air besar sembarangan (BABS). 

Deklarasi itu mendapat apresiasi tinggi dari Walikota. Menurutnya deklarasi STBM  tersebut sudah sesuai tahapan yang sudah diproses secara verifikasi hingga pendataan. Ini merupakan wujud nyata kebersamaan dalam mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sehingga dapat mencegah dari penyakit lingkungan.

"Ini menjadikan percontohan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Walikota yang didampingi Camat Duren Sawit Kelik Sutanto. 

Ditegaskan Walikota, pihaknya mengintensifkan program penanggulangan stunting. Deklarasi STBM ini merupakan bagian tahapan dalam mengintervensi masalah stunting. 

"Ini bagian komitmen kami mengintervensi stunting secara spesifik maupun sensitif. STBM ini bagian sensitif dari beragam kegiatan spesifik penanggulangan stunting yang terus berjalan, tidak hanya asupan gizi tapi juga perbaiki penyediaan air bersih, perbaikan sanitasi," imbuhnya.

Lurah Pondok Kelapa, Rasikin, mengaku senang deklarasi STBM di lingkungan Pondok Kelapa berlangsung lancar. Dijelaskan fokus STBM di wilayahnya pada lingkungan warga RT 011 RW 08 dengan 7 KK (Kepala Keluarga).

“Alhamdulillah, terima kasih Pak Walikota telah hadir dan memberikan semangat bagi warga dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Tengku, Ketua RW 014 Kelurahan Pondok Kelapa, mengapresiasi langkah Kelurahan Pondok Kelapa dalam berkolaborasi bersama masyarakat mewujudkan lingkungan bersih. Melalui deklarasi STBM ini menjadi ukuran bahwa kehidupan sehat menjadikan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Cukup baik STBM ini komitmen bersama dalam hidup sehat, lingkungan yang bersih," ungkapnya (AJ)