Cegah Tawuran, Kelurahan Batu Ampar Bangun Posko Keamanan Terpadu

Jakarta Timur, (3/6/2024) – Demi mencegah terjadinya kasus tawuran di pemukiman warga, Kelurahan Batu Ampar membangun posko keamanan terpadu (Poskamdu), di Jalan Batu Ampar 3 RT 010 RW 03, tepatnya di depan gedung SDN Batu Ampar 12, Kelurahan Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur. Posko ini dijaga sekitar 20 personel gabungan dari unsur tiga pilar. 

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kelurahan Batu Ampar, Abdul Haris. Ia menjelaskan posko berukuran 2,3x3 meter persegi tersebut dibangun karena maraknya kasus tawuran di Jalan Batu Ampar 3 dan di Jalan Ayamah, terutama tiap Sabtu malam, yang melibatkan kelompok puluhan remaja. Bukan hanya warga sekitar namun juga melibatkan warga dari wilayah lain. 

“Dengan dasar itulah, unsur tiga pilar sepakat untuk membangun Posko Keamanan Terpadu di Jalan Batu Ampar 3 ini. Hasilnya ternyata sangat efektif, kasus tawuran itu nyaris sudah tidak ada lagi. Kalaupun ada, tidak separah sebelumnya,” jelas Haris, tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Senin (3/6/2024). 

Selain dari unsur tiga pilar, posko juga dibantu dari pengurus RT/RW, LMK, FKDM karang taruna dan Pokdar Kamtibmas. Posko juga dijaga oleh warga dari RT 09 dan 10 karena lokasinya berbatasan dua RT tersebut. Penjagaan dimulai pada pukul 21.00 WIB hingga 04.30 WIB.

Sementara, anggota Bimaspol Kelurahan Batu Ampar, Aiptu Riyan Rifanto, menjelaskan keberadaan posko keamanan terpadu ini memang sangat efektif dalam mencegah atau meminialisir terjadinya kasus tawuran. Terbukti setelah dibangunnya posko ini, kasus tawuran nyaris tidak ada lagi. 

"Mungkin karena areanya sepi maka menjadi ajang untuk tawuran. Namun setelah ada posko keamanan terpadu ini, kasus tawuran hampir tidak ada lagi," kata Aiptu Riyan. 

Ketua RW 03 Batu Ampar, Abbas menambahkan, sebelum adanya posko keamanan terpadu, wilayahnya memang sering dijadikan ajang tawuran remaja di malam Minggu. Bahkan hari biasa, aksi tawuran juga pecah, itu terjadi pada awal-awal 2024. 

“Keberadaan posko keamanan terpadu ini memang sangat efektif dalam mengantisipasi terjadinya kasus tawuran. Apalagi dijaga unsur tiga pilar tiap malam minggu,” kata Abbas. (JS)