Posyandu Dahlia B Kelurahan Bidara Cina Raih Posyandu Terbaik Se-Jakarta Timur

Jakarta Timur, (5/6/2024) – Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, memberikan penghargaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) terbaik se-Jakarta Timur, dalam kegiatan Jambore Posyandu, di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (5/6/2024). Posyandu Dahlia B, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara menjadi juara dalam kegiatan tersebut.

Wakil Walikota menjelaskan, pemberian penghargaan kepada Posyandu terbaik dalam kegiatan Jambore Posyandu tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada kader Posyandu yang telah melayani masyarakat dengan baik dalam bidang kesehatan. Sebelumnya, pemberian penghargaan dibuka Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin.

“Ini mengandung pesan bahwa dalam suatu program kegiatan yang telah dilaksanakan perlu evaluasi, monev (monitoring evaluasi), ketika sudah dilakukan monev perlu ada outputnya apa, dari hasil evaluasi ini kita berikan penghargaan kepada yang terbaik,” katanya.

Posisi kedua Posyandu terbaik diraih Posyandu Melati I Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, diikuti Posyandu Harapan Ibu I, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit. Mereka menjadi juara dari 1.192 Posyandu yang tersebar di 10 kecamatan dan 65 kelurahan di Jakarta Timur.

Wakil Walikota menambahkan, Posyandu terbaik diharapkan dapat dicontoh oleh seluruh Posyandu di Jakarta Timur. “Kita berharap dengan adanya Posyandu yang semakin berkualitas tentu akan bisa memberikan prorgram yang maksimal kepada anak-anak yang ada di lingkungan Posyandu tersebut. Mudah-mudahan anak-anak kita sehat dan terus bisa mengikuti kegiatan di Posyandu, karena Posyandu benar-benar masuk di tingkat masyarakat,” pungkasnya.

Gitawidya Amalia, perwakilan Posyandu Dahlia B Kelurahan Bidara Cina, yang merupakan Posyandu terbaik, mengaku bahagia karena Posyandu-nya jadi yang terbaik di Jakarta Timur. Torehan ini menunjukkan kegiatan Posyandu yang dilaksanakannya dapat dirasakan masyarakat setempat. 

Ia menjelaskan program unggulan Posyandu Dahlia B yakni memiliki integrasi layanan primer yang melayani seluruh siklus kehidupan dan memiliki inovasi sekolah terbuka, sebuah transformasi Posyandu di era transformasi kesehatan. Sukses menjadi juara di Jakarta Timur, Posyandu Dahlia B akan mengikuti lomba Posyandu terbaik ke tingkat Provinsi DKI Jakarta dan ia berharap kembali meraih Posyandu terbaik se-Jakarta.

“Alhamdulillah, bersyukur banget bukan karena kemenangannya, tapi apa yang kita lakukan ternyata sudah proper dan diakui sampai tingkat Kota Jakarta Timur,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Jambore Posyandu tersebut selain melombakan Posyandu terbaik, juga melombakan beberapa segmen yakni kader berprestasi, fashion show, kreasi menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan ibu pintar balita sehat. (AD)