Pimpin PSN di RW 11 Kalisari, Askesra Tekankan Ikut Serta Jadi Kader Jumantik Mandiri

Jakarta Timur, (7/6/2024) - Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat (Askesra) Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, memimpin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 10 RW 11 Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (7/6/2024).

Kegiatan PSN merupakan agenda rutin seluruh Kelurahan di wilayah Jakarta Timur setiap Selasa dan Jumat. Dalam kegiatan itu, Askesra didampingi Kepala Bagian Umum dan Protokol Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Anton Widodo, Kepala Suku Bagian Urusan Kepegawaian Tatalaksana dan Pelayanan Publik Kota Administrasi Jakarta Timur Husnul Kotimah, Wakil Camat Pasar Rebo Endang Kartika, dan Lurah Kalisari Siti Nurhasanah.

Askesra menjelaskan, PSN dilakukan dalam rangka menekan angka kasus DBD di wilayah Jakarta Timur. Kegiatan ini, menurutnya membutuhkan peran serta masyarakat, seperti melalui Jumantik Mandiri.

“Saya menekankan perlunya peran serta masyarakat, juga ikut serta menjadi kader Jumantik mandiri. Ini semua agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit DBD, sehingga membatasi penetasan jentik nyamuk terutama demam berdarah berkembang biak,” jelasnya.

Selain itu, Achmad Salahudin juga menyampaikan kepada warga agar memperhatikan pekarangan rumah seperti pot bunga, dan bak mandi. Mereka juga diingatkan untuk memperhatikan air minum hewan peliharaan, harus setiap hari dicek, serta perangkat lainnya yang menampung air.

“Jika memang ada air yang sudah lama agar dibuang sehingga tidak menyebabkan nyamuk berkembang biak. Selain itu, para kader Jumantik agar ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjadi kader Jumantik mandiri sehingga penyakit DBD bisa menurun di Jakarta Timur," tutupnya. (JS)