Ribuan Warga Padati KBT, Nikmati Layanan Dursavaganza Kecamatan Duren Sawit

Jakarta Timur, (9/6/2024) - Inovasi kegiatan Dursavaganza di Pintu Air Kanal Banjir Timur (KBT)  Kecamatan Duren Sawit diserbu ribuan warga, Minggu (9/6/2024). Kegiatan pelayanan Minggu pagi di ruang publik bagi warga digelar di lingkungan Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Terdapat ragam layanan publik disajikan dalam memanjakan warga guna mengurus beragam kebutuhan dengan melibatkan seluruh elemen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dimulai dari Layanan Ragam Perizinan,  Pengaduan Masyarakat, Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil, Layanan Kesehatan, Vaksinasi Hewan, Konsultasi DTKS, Layanan dan Informasi Pajak Daerah, dan Bazar UMKM Jakpreneur. 

Kegiatan juga dimeriahkan dengan ragam  lomba dimulai dari lomba, seperti lomba memasak PKK dengan menu dan busana adat Betawi, Paduan Suara Kicir-Kicir serta Lomba Mewarnai bagi PAUD. Ini dilakukan sebagai wujud kemeriahan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta. 

Kegiatan ditinjau langsung oleh Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur, Eka Darmawan.

"Saya apresiasi, hingga antusiasme masyarakat membeludak untuk terlayani, ini sangat bermanfaat bagi warga selain berolahraga mereka bisa mengurus ragam kebutuhan administrasi mereka, seperti kepada Dukcapil, PTSP, kesehatan. Bazar ini sangat positif untuk memberikan kemudahan bagi warga," kata Eka.

Dilanjutkan Eka, pihaknya akan merencanakan untuk menjadikan inovasi pelayanan Minggu pagi di ruang publik ini dapat diikuti oleh sembilan kecamatan lainya di Kota Jakarta Timur, sebagai akses pelayanan warga yang mudah dan cepat serta menyenangkan. 

"Ini wajib ditiru kecamatan lainya pada setiap bulannya. Selain cepat mudah pelayanan pun menyenangkan, sehingga juga dapat mendongkrak perekonomian kerakyatan," imbuhnya 

Hal senada dikatakan Camat Duren Sawit, Kelik Sutanto. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini menargetkan 1.000 layanan publik. Melihat antusiasme dan respon masyarakat dirinya mengevaluasi target layanan akan ditingkatkan di bulan berikutnya.

"Alhamdulillah sangat antusias bagi masyarakat, ini kerjasama bersama untuk terus berkreasi, inovasi memberikan pelayanan baik bagi masyarakat dengan gelaran Dursavaganza," ujarnya. 

Sri Hartati Sarowinsong, warga Kelurahan Malaka Sari, mengaku senang bisa langsung mengurus surat perpanjangan izin pemakaman. Ia mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan setiap bulannya.

"Sangat baik dan saya senang dari berolahraga juga bisa mengurus administrasi surat makam terima kasih Pak Camat," ungkapnya. (AJ)