Pj Gubernur DKI Tinjau RPH Dharma Jaya, Pemprov DKI Salurkan 621 Sapi Kurban ke Seluruh Wilayah Jakarta 

Jakarta Timur, (14/6/2024) - Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan peninjauan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perumda Dharma Jaya, Jalan Raya Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (14/6/2024). 

Hadir mendampingi Pj Gubernur, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono, Walikota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar dan Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati. 

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur menyerahkan dua hewan kurban sapi jenis limosin, dengan berat masing-masing sekira 1 ton ke perwakilan DKM Masjid. Pemberian sapi sesuai permintaan  masyarakat di beberapa tempat di Jakarta. 

“Kedatangan kita juga menyerahkan hewan kurban sapi secara simbolis diserahkan satu (sapi), kemudian Pak Sekda menyerahkan satu," kata Pj Gubernur. 

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan sebanyak 621 sapi untuk disebar ke sejumlah tempat untuk dikurbankan untuk masyarakat, dengan berat sapinya bervariasi mulai dari 600 kilogram sampai 1 ton. 

"Beberapa masjid, warga yang minta dan organisasi kemasyarakatan, seluruh sapi yang diserahkannya dalam keadaan sehat, karena sudah diperiksa oleh dokter hewan,” tambahnya. 

Namun demikian, dirinya juga mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan, mulai dari proses pemotongan hewan kurban hingga membuang limbah, seperti kotoran dan jeroan. Ditegaskan Pj Gubernur, ia telah memerintahkan Dinas dan Suku Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk memantau proses pemotongan. 

“Tentunya harus ada kesadaran diri untuk menjaga lingkungan. Kan sudah ada aturan tidak mencemarkan lingkungan, kemudian proses pemotongan juga di sini kita menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan wadah yang ramah lingkungan saat proses pembagian daging sapi,” ungkapnya. (AJ)