Walikota Jakarta Timur : Makam Pangeran Jayakarta Salah Satu di Antara Berjuta Pesona Kota Jakarta

Jakarta Timur, (19/6/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, bersama jajaran dan Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Fokopimko) Jakarta Timur, mengikuti upacara ziarah Taman Makam Pangeran Jayakarta, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta. Upacara dilaksanakan  di Taman Makam Pangeran Jayakarta, Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (19/6/2024).

Walikota menjelaskan, mengusung tema ‘Jakarta Kota Global Berjuta Pesona’, Taman Makam Pangeran Jayakarta merupakan salah satu pesona Kota Jakarta,  sebagai wisata religi, khususnya di Jakarta Timur.

“Jakarta berjuta pesona, termasuk ini (makam Pangeran Jayakarta) pesona Jakarta, situs. Ketika kita berangkat ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, apa yang kita cari?, tempat ziarah, situs-situs tadi, para wali, wali Jakarta ya ini (makam Pangeran Jayakarta), beliau berjuang, mempertahankan (wilayah Jakarta). Kita doakan almarhum, almarhumah khusnul khotimah,” katanya.

Upacara yang digelar rutin tiap tahunnya tak hanya dalam rangka menyambut HUT Kota Jakarta, tapi juga mengenang perjuangan Pangeran Jayakarta. Ia merupakan sosok pahlawan yang mempertahankan Kota Jakarta dari penjajah.

Perjuangannya itu patut dikenang terus menerus sebagai warisan sejarah lahirnya Kota Jakarta. Walikota juga berharap semangat perjuangan Pangeran Jayakarta terus dikenang dan dapat ditularkan ke generasi muda sekaligus melestarikan sejarah, karena Taman makam Pangeran Jayakarta merupakan cagar budaya dan menjadi tempat wisata religi.

“Tentunya kunjungan ini setiap tahun kita lakukan. Pertama kita berziarah, yang kedua kita membangunkan sejarah, yang mengajarkan anak cucu kita ke depan, bahwa ada pejuang Jakarta, yaitu Pangeran Jayakarta yang dimakamkan di Jatinegara Kaum. Untuk mereka sadari dan mengetahui, karena sehebat apapun bangsa kalau tidak menghargai sejarah percuma, tapi kalau menghargai sejarah para pejuangnya. Insyaallah bangsa itu akan kokoh,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami Assalafiya, R. H. Manaf, menyampaikan syukurnya atas kehadiran Walikota Administrasi Jakarta Timur bersama jajarannya yang setiap tahunnya berziarah ke makam Pangeran Jayakarta dalam rangka menyambut HUT Kota Jakarta. Sebagaimana mengenang perjuangan Pangeran Jayakarta dalam mempertahankan Kota Jakarta.

“Alhamdulillah, tanggapannya positif, karena tempat ini cagar budaya, jadi  Walikota hadir,” ucapnya. (AD)