Trotoar Jalan M.T Haryono Akan Ditata Demi Kenyamanan Pengguna Moda Transportasi

Jakarta Timur, (19/6/2024) - Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta menggelar sosialisasi rencana pembangunan trotoar beserta kelengkapannya di Jalan Letjen M.T Haryono. Sosialisasi diberikan langsung kepada warga Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara dan Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, di Ruang Serbaguna Kantor Camat Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (19/6/2024).

Ketua Sub Kelompok Pembangunan dan Peningkatan Kelengkapan Jalan Dinas Bina Marga, Sigit  Widodo, menjelaskan pembangunan trotoar merupakan lanjutan revitalisasi trotoar di Jalan Otista dan Jalan M.T Haryono sisi selatan di tahun 2023. Revitalisasi dilanjutkan tahun ini hingga jalan M.T Haryono sisi utara, pada Juni-Desember 2024. Pembangunan dilakukan lantaran trotoar di Jalan M.T Haryono perlu adanya perbaikan guna memberikan kenyamanan masyarakat, hingga pada akhirnya mengembalikan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi yang sudah tersedia.

“Jadi ini pekerjaan sebagian lanjutan, sebelumnya yang di Otista sudah pernah dilakukan penataan trotoar. Sebagian masih ada yang belum dilakukan penataan, dan untuk M.T Haryono yang di sisi selatan sudah dilakukan penataan. Ini dilakukan supaya aksesibilitas warga menuju ke tempat aktivitas, khususnya ke moda transportasi lebih nyaman, aman dan lebih mudah,” ujarnya.

Ia memastikan, penataan trotoar tidak akan mengurangi ruas jalan atau melebarkan trotoar, sehingga dipastikan tidak ada penyempitan ruas lalu lintas. Sementara pohon yang berada di atas trotoar akan ditindak lebih lanjut, karena pembangunan trotoar akan dihiasi penghijauan, kelengkapan disabilitas, bollard (tiang pengaman, halte dan motif konstruksi yang estetik.

“Jadi penataan trotoar itu pada prinsipnya berkaitan dengan pohon misalnya, pohon semaksimal mungkin kita pertahankan, tapi misalnya harus direlokasi mau enggak mau kita harus lakukan penebangan. Tentu ada prosesnya ada mekanismenya, jika terpaksa ditebang kita akan lakukan penggantian, kemudian kita penataan trotoar itu memberikan ruang-ruang baru untuk area hijau. Kita akan melakukan konsistensi pada kendaraan (yang melintas), tapi yang jelas kita tidak mengurangi lajur. Jadi lajur kendaraan eksisting tetap seperti yang sudah ada sekarang,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RT 001 RW 07 Kelurahan Bidara Cina, Ali Asinan Sodri, menilai rencana pembangunan trotoar tersebut sangat bagus. Ia berharap pembangunan memudahkan mobilitas warga dengan adanya trotoar yang nyaman untuk digunakan. Revitalisasi juga diharapkan memperindah dan meningkatkan perekonomian, karena wilayah tersebut salah satu pusat perniagaan.

“Tanggapannya bagus sekali, memperindah kota, semakin indah trotoar, semakin indah kotanya, semakin indah juga ekonominya itu harapan kita,” ungkapnya. (AD)