Upaya pencegahan TBC, Kelurahan Susukan Bentuk Kampung Siaga Tuberkulosis

Jakarta Timur, (21/6/2024) - Jajaran Kelurahan Susukan Kecamatan Ciracas bersama Puskesmas Kecamatan Ciracas mendeklarasikan kampung siaga tuberkulosis yang bertempat di RPTRA Susukan Ceria, Jumat (21/6/2024).

Hal tersebut dilakukan atas intruksi Walikota Jakarta Timur tentang penyelenggaraan kampung siaga tuberkulosis di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur. Kelurahan Susukan kemudian menunjuk langsung RW 06 untuk di jadikan kampung siaga tuberkulosis.

Lurah Susukan, Andri Priwitama, menjelaskan jajaran kelurahan membentuk kampung siaga tuberkulosis demi mencegah penyebaran di lingkungan, khususnya di RW 06. 

“Dengan kita bentuknya kampung siaga tuberkulosis dapat bisa mensosialisasikan, memberikan edukasi serta memberi penanganan kepada warga, dan saya berpesan agar pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah TBC tidak bisa dianggap diabaikan,” kata Andri. 

Ia juga berpesan, langkah-langkah sederhana bisa dilakukan dalam mencegah tuberkulosis, seperti mencuci tangan secara teratur, menghindari kontak dekat dengan penderita TBC, memastikan sirkulasi udara yang baik di ruangan, dan mengenakan masker ketika diperlukan karena mengurangi risiko penularan TBC.

“Dengan terbentuknya kampung siaga tuberkulosis, kami berharap agar semua warga khusus nya di Kelurahan Susukan bisa terhindar dari TBC dan semua sehat,” ungkapnya. (VS)