Bersama Poktan Jaya Mandiri, Kelurahan Penggilingan Panen Bawang Merah di Urban Farming PIK

Jakarta Timur, (25/6/2024) – Jajaran Kelurahan Penggilingan bersama Kelompok Tani Jaya Mandiri PIK melakukan panen bawang merah di urban farming (pertanian perkotaan) milik Unit Pengelola Kawasan (UPK) PPUKMP Pulogadung RT 010 RW 07, Kelurahan Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (25/6/2024).

Sekretaris Kelurahan Penggilingan, Priyati, menjelaskan sebanyak 5 kilogram bawang merah berhasil dipanen dari pemanfaatan lahan milik Pemerintah DKI Jakarta.

“Ya kita panen bawang dan hasilnya cukup maksimal dan patut dibanggakan dalam ketahanan pangan,” katanya.

Menurutnya, hasil panen dilahan ini bukan yang pertama, tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga dijual ke pasar tradisional di berbagai wilayah Jakarta.

Diharapkan, dukungan pertanian perkotaan ini dapat tersentuh menyeluruh terhadap para seluruh warganya. Tidak hanya menciptakan pasokan sayuran yang sehat dan segar untuk masyarakat setempat, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

“Kita terus lakukan monitoring dan evaluasi disetiap RT/RW di lingkungan Kelurahan Penggilingan untuk terus berinovasi dengan pemanfaatan lahan untuk dijadikan penghijauan yang kaya akan manfaat,” pungkasnya. (AJ)