Puncak Acara HUT Kota Jakarta, Pengurus RW 01 Gelar Mancing Gratis dan Bazar UMKM

Jakarta Timur, (30/6/3024) - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta, pengurus RW 01 Kelurahan Dukuh menggelae bazar dan mancing gratis di Waduk Dukuh RW 01, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (30/6/2024). 

Ratusan warga hadir dalam perayaan yang diselenggarakan pengurus RT dan RW di lingkungan RW 01 Kelurahan Dukuh. Warga juga banyak memadati 7 tenda UMKM, pereakilan 7 RT, yang menjual beragam produk, mulai dari kuliner, fesyen, dan kerajinan hasil produk binaan Jakpreuner Kelurahan Dukuh. 

Sementara lomba memancing menyediakan ikan emas di setiap kolam, dengan door prize menarik dari panitia. 

Kegiatan dihadiri dan dibuka Wakil Camat Kramat Jati Diman, didampingi Plt Lurah Dukuh Daily Yuniarti dan Kasi Ekbang Kelurahan Dukuh Mega Devita Kusuma. 

"Pengurus RW 01 Kelurahan Dukuh menggelar perayaan puncak HUT ke-497 Jakarta di Waduk Dukuh. Kegiatan diinisiasi Pengurus RW 01, tokoh masyarakat, LMK, FKDM, pengurus RT, Kader PKK RW 01 Kelurahan Dukuh," kata Lurah Daily Yuniarti. 

Ia menjelaskan, kegiatan diawali dengan mancing mania yang diselenggarakan gratis untuk warga masyarakat. Acara dimeriahkan arak-arakan pengantin Betawi, yang dimulai dari RT 01 melintas Jalan H. Bokir dan finis di Waduk Dukuh. 

"Tujuan dari arak-arakan pengantin Betawi untuk memperkenalkan budaya Betawi kepada warga masyarakat terutama anak-anak muda dan mengangkat kearifan lokal budaya Betawi sehingga tidak tergerus dengan budaya luar," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pengurus RW 01 serta mendukung penuh kegiatan ini. 

"Semoga kegiatan ini terus memicu semangat kreativitas warga RW 01 selalu berkarya dan terus melakukan inovasi yang terbaik dalam menyambut Kota Jakarta sebagai Kota Global Berjuta Pesona," jelasnya. 

Sementara itu, Pengurus RW 01 Kelurahan Dukuh, Mulyadi menyampaikan, kegiatan merupakan acara rutin warga RW 01 Kelurahan Dukuh menyambut perayaan HUT Kota Jakarta. 

"Ini merupakan inisiasi kami dan didukung oleh dana swadaya masyarakat serta para donatur di wilayah RW 01 Kelurahan Dukuh. Karena banyak warga yang ingin adanya hiburan jadi kami menggagas kegiatan ini karena terus terang warga haus akan hiburan, jadi kami menyelenggarakan kegiatan ini, untuk menghibur warga masyarakat Kelurahan Dukuh," ungkapnya. 

Selain itu, acara diselenggarakan untuk menghidupkan destinasi wisata Waduk Dukuh dan lebih banyak warga yang mengenal adanya Waduk Dukuh. Ia berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur ikut membantu berkembangnya Waduk Dukuh dengan berbagai fasilitas untuk kepentingan warga.

"Karena setiap harinya ada saja warga yang memancing di Waduk Dukuh ini, dan saya harapkan kegiatan seperti ini bisa dilakukan rutin dan hadiahnya lebih menarik agar antusias warga makin banyak yang ikut," harapnya. (JS)