Poktan RT 05 Kelurahan Setu Panen 50 Kg Ikan Berbagai Jenis

Jakarta Timur, (4/7/2024) - Kelompok Tani (Poktan) RT 05 Kelurahan Setu menggelar panen ikan sebanyak 50 kilogram (kg) di lahan Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (4/7/2024). Lahan seluas 8.000 meter milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, berlokasi di Jalan Kramat Aria Gang Reformasi RT 05 RW 03 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. 

Kegiatan panen dipimpin Camat Cipayung Panangaran Ritonga, didampingi Kasatpel KPKP Kecamatan Cipayung Nur Hikmah, dan Lurah Setu Dwi Widiastuti. 

"Hari ini kita melakukan panen bersama dari hasil perikanan Poktan RT 05 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung dari tiga empang dengan total yang berhasil di panen sebanyak 50 Kg. Jadi, sebelumnya kami tebar benih sebanyak 300 benih ikan, dan sekarang sudah 4 bulan sudah siap dipanen, untuk hasil panennya akan kita jual murah ke warga yang membutuhkan dan uangnya kita beli bibit dan pakan kembali yang dikelola oleh Poktan RT 05 yang diketuai RT 05," jelasnya. 

Selain itu, Panangaran menambahkan, lahan tersebutnya sudah diusulkan ke Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk dijadikan Taman Air. Nantinya, akan dijadikan area pengendali banjir juga tempat interaksi warga berupa taman. 

"Jika anggaran mencukupi di tahun 2025 bisa terwujud," ujarnya. 

Panen 50 kg ikan dilakukan di tiga kolam dengan berbagai jenis, seperti ikan patin, gurame, gabus, dan sepat. 

"Nantinya kami setelah ini akan mengusulkan ke Sudin KPKP Jakarta Timur untuk meminta bibit ikan sebanyak 20 ribu untuk 3 empang. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Cipayung tetap terjaga dan mengedukasi warga masyarakat untuk bisa melakukan hal yang sama kata Kasatpel KPKP Kecamatan Cipayung, Nur Hikmah. (JS)