Wakil Walikota Berpesan Tingkatkan PHBS untuk Menjaga Lingkungan Tetap Sehat

Jakarta Timur, (5/7/2024) - Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, memimpin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 11 RW 02 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (5/7/2024).

Kegiatan PSN merupakan agenda rutin seluruh kelurahan di wilayah Jakarta Timur setiap Selasa dan Jumat. Dalam kegiatan itu, Wakil Walikota didampingi Camat Cipayung Panangaran Ritonga, dan Lurah Bambu Apus Novian Wijanarko.

Wakil Walikota menjelaskan, dari sejumlah lokasi yang ditinjau, dia menilai sudah banyak warga yang sadar menjaga kebersihan. Rata-rata rumah warga sudah tidak ada bak mandi yang membuat situasi relatif aman dan tidak ada potensi jentik nyamuk.

“Saya mengimbau warga juga menjaga kebersihan di area luar rumah. Warga juga harus mengontrol air tampungan hujan, air pembuangan AC, dan dispenser serta tampungan air kulkas,” kata Walikota.

Menurut data dari Puskesmas Kecamatan Cipayung, wilayah Kelurahan Bambu Apus, termasuk mendapat peringkat yang bagus dari sisi kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) di wilayah Kecamatan Cipayung. 

“Selain juga harus menjaga kebersihan warga juga berpelilaku hidup sehat atau PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Saya menekankan perlunya peran serta masyarakat, juga ikut serta menjadi kader Jumantik mandiri. Agar terhindar dari penyakit DBD, dengan mengurangi penetasan jentik nyamuk terutama demam berdarah berkembang biak,” jelasnya. (VS)