Gandeng PT. Antam, Pemkot Tanam Ratusan Pohon Produktif di Bantaran KBT

Jakarta Timur, (9/7/2024) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersama PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melakukan aksi penanaman pohon pelindung dan produktif di Sepanjang Kanal Banjir Timur (KBT) Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Selasa (9/7/2024). Penanaman dipimpin Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Total ada 194 ribu bibit tanaman produktif, sumbangan PT Antam Tbk sebagai Corporate Social Responsibility (CSR). Rencananya, bibit akan ditanam di sisi kanan dan kiri lahan bantaran KBT sepanjang 7 kilometer. 

“Ini komitmen bersama dalam mewujudkan Jakarta yang hijau, 194 ribu bibit atau benih ini, kami akan tanam dari Kelurahan Pondok Kopi hingga Kelurahan Duren Sawit dan Pondok Bambu,” kata Walikota. 

Walikota meminta kepada para kelompok tani (poktan) dan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) untuk menjaga dan merawat pohon-pohon yang ditanam dengan baik. Nantinya diharapkan penanaman pohon produktif yang memanfaatkan lahan-lahan kosong dapat menekan angka inflasi di Jakarta Timur

“Kita pernah panen cabai sebanyak 3,5 ton pada tahun lalu. Ini dapat membantu menekan angka inflasi nasional sebesar 0,3 persen. Atas nama pemerintah saya mengucapkan terima kasih kepada PT Antam Tbk yang telah memberikan bantuan kepada Pemkot Jaktim,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha PT Antam Tbk, I Dewa Wirantaya, mengharapkan bantuan yang diberikan berupa bibit tanaman produktif itu dapat bermanfaat bagi ketahanan pangan di wilayah Jakarta Timur.

“Sejengkal tanah kita, anugerah Tuhan bisa kita berdayakan dengan baik, kalau kita punya niat yang baik, untuk memberdayakan dengan baik, salah satu contoh urban farming ini, mudah-mudahan benar-benar memberikan nilai manfaat dan kontribusi yang baik bagi kita semua,” ungkapnya. (AJ)