Pemkot Jakarta Timur Akan Kuras Kali Cakung di RW 10 Kelurahan Ujung Menteng

Jakarta Timur, (24/7/2024) - Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, memimpin rapat koordinasi membahas permohonan pengurasan serta pembersihan Kali Cakung yang berada di RW 10 Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, di Ruang Rapat Khusus Walikota, Gedung blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (24/07/24). 

“Rapat ini kita menindaklanjuti surat Ketua RW 010 Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung tanggal 2 Juni 2024 dalam hal permohonan pengurasan serta pembersihan Kali Cakung,” ujar Kusmanto. 

Kusmanto menjelaskan, warga RW 10 mengeluhkan kondisi Kali Cakung yang ada di wilayah mereka yang menimbulkan masalah dengan sedimen dan tanaman liar yang sudah menutupi Kali Cakung. Ada juga air yang menggenang rawan terhadap jentik nyamuk, mengeluarkan bau tidak sedap dikarenakan air tidak lancar mengalir, banyaknya binatang liar yang sering ditemukan seperti ular kobra dan biawak. 

“Setelah rapat ini kita akan adakan rapat teknis dengan melibatkan pihak Perumahan Royal Residence Pulogebang, RT dan RW, Kelurahan, Kecamatan, UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup, Sudin Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur,” ujar Kusmanto. 

Ketua RW 10 Kelurahan Ujung Menteng, Usman Ahmad, mengapresiasi semua pihak, mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kota yang merespon dengan baik keluhan warga terkait kondisi Kali Cakung. Terutama pengutasan sedimen, banyaknya tanaman liar dan binatang liar.

“Setelah kami bersurat ke pihak kelurahan  kami langsung diundang untuk rapat di kecamatan dan hasilnya langsung dibahas tingkat kota.Kami sangat senang bahwa respon dari tingkat kota sangat cepat dalam menangani keluhan warga khususnya dalam menangani Kali Cakung,” ungkapnya. (ID)