Cegah Kebakaran, Sudin Gulkarmat Lakukan Pembentukan/Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran di Kelurahan Setu

Jakarta Timur, (24/7/2024) - Sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan pembentukan/pembinaan relawan pemadam kebakaran (Redkar) di wilayah Kelurahan Setu, Rabu (24/7/2024). Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kelurahan Setu, diinisiasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Timur. 

Pembentukan/pembinaan relawan pemadam kebakaran Tingkat Kelurahan Setu dibuka Dwi Widiastuti, Lurah Setu yang hadir didampingi Jajang Surata, perwakilan dari Sudin Gulkarmat Jakarta Timur. 

"Terima kasih atas kehadiran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur dalam melaksanakan kegiatan pembentukan/pembinaan relawan pemadam kebakaran (Redkar) di wilayah Kelurahan Setu. Semoga dari seluruh peserta yang hadir bisa mengetok tularkan ilmu yang didapat dalam kegiatan ini di lingkungan RW yang berada di wilayah Kelurahan Setu, sehingga dapat mencegah dan meminimalisir musibah kebakaran," ungkapnya. 

Sementara itu, Perwakilan dari Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Jajang Surata, menjelaskan kegiatan bertujuan untuk memperdayakan masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi musibah kebakaran di lingkungan masyarakat, khususnya di Jakarta Timur. 

"Tadi yang diajarkan seluruh peserta yaitu bagaimana cara memadamkan api dari gas elpiji, dan juga cara memadamkan api dengan kain basah serta cara memegang selang dari mobil Damkar. Semoga ilmu yang didapat ini bisa diajarkan kepada teman, saudara, tetangganya sehingga dapat menjadikan ilmu dan pengetahuan tentang pemadaman api sehingga tidak ada ketakutan dari musibah yang tiba-tiba terjadi," ujarnya. (JS)