Walikota Jakarta Timur Bersama Tokoh Agama Resmikan Pembangunan Gereja Katolik Paroki Kalvari Lubang Buaya 

Jakarta Timur, (14/9/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, hadir meresmikan pembangunan Gereja Katolik Kalvari Lubang Buaya, di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (14/9/2024). 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota bersama Uskup Agung Keuskupan Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo dan Pastor Kepala Paroki Kalvari Lubang Buaya Romo Johan. Hadir juga dalam kegiatan itu Bagian Kesra Jakarta Timur Kasubkor KPAPP Beni Hariwibowo, Camat Cipayung Panangaran Ritonga dan Lurah Lubang Buaya Dede Saifullah. 

"Hari ini saya diundang oleh pengurus Gereja Kalvari Lubang Buaya, yang pembangunannya berlangsung selama dua tahun. Sebelumnya telah bersurat untuk perizinan pembangunan yang dibantu FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Jakarta Timur dan Ketua NU (Nahdlatul Ulama) Jakarta Timur KH.Ibnu Mulkan serta dibantu oleh beberapa tokoh masyarakat Lubang Buaya sehingga keluarlah izinnya," jelas Walikota. 

Walikota menjelaskan seluruh masyarakat Kelurahan Lubang Buaya di sekitar gereja menerima keberadaan Gereja Katolik Paroki Kalvari Lubang Buaya.

"Inilah salah satu kebhinekaan, jadi saya inginkan adanya gereja Kalvari bukan hanya bermanfaat untuk pelayanan umat Katolik saja tetapi bermanfaat untuk warga sekitar Kelurahan Lubang Buaya. Saya berharap dengan adanya keberadaan Gereja Katolik Paroki Kalvari Lubang Buaya ini bisa membawa keberkahan bagi warga sekitar," ujarnya. 

Sementara itu, Uskup Agung Keuskupan Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, menyampaikan ucapan terima kasih dan bersyukur kepada Tuhan atas pembangunan Gereja Kalvari Lubang Buaya. Khususnya, untuk Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, tokoh agama dan FKUB. 

"Jadi dengan kehadiran bapak Walikota Administrasi Jakarta Timur sangat jelas kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat, serta kehadiran bapak Kiai Ibnu Mulkan, salah satu pemimpin agama dan berwawasan luas serta sangat mencintai bangsa dan negara kita, yang telah membantu kami. Bantuan dari beliau menentukan untuk proses pembangunan gereja ini, selain itu peran FKUB Jakarta Timur KH.Ma'Arif, yang juga ikut andil membantu proses pembangunan gereja ini," ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Uskup Agung Ignatius Kardinal Suharyo, juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga diresmikannya gereja. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada teman tim pembangunan Gereja Katolik Paroki Kalvari yang terus menjalin kebersamaan dan persaudaraan bagi masyarakat sekitar. Semoga adanya gereja ini bisa membawa keberkahan, kebahagiaan bagi warga masyarakat sekitar," tandasnya. (JS)