Personel Gabungan Tanam Pohon Peneduh di Jalan Raya Bogor

Jakarta Timur, (20/9/2024) - Puluhan personel gabungan melakukan penanaman 15 pohon di pinggir Kali Baru, Jalan Raya Bogor KM 20, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (20/9/2024). Kegiatan ini dikemas dalam program "Jumat Menanam", kegiatan rutin Suku Dinas Pertamanan dan Hutan (Sudin Tamhut) Kota Jakarta Timur.

Penanaman dipimpin langsung Kepala Sudin Tamhut Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin. Hadir juga Camat Ciracas Yus Wil Rasyid, Lurah Rambutan Ikhwan M. Ali, Plt Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Tamhut Jakarta Timur Matjenih dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Djauhar menjelaskan, pohon yang ditanam ada dua jenis, yakni lima pohon bungur dan sepuluh pohon tabebuya kuning. Sementara terkait pemilihan lokasi, ia menjelaskan karena lokasi itu merupakan lahan kosong yang gersang dan jalur padat di jalan nasional yang menghubungkan wilayah Jakarta dengan Depok dan Bogor, Jawa Barat.

“Karena masih terlihat gersang maka kita tanami 15 pohon baru. Diharapkan ini menambah lingkungan semakin hijau. Kita pilih tabebuya kuning karena untuk menambah keindahan dan warna eksotik di area jalur hijau yang ada di pinggir Kalibaru. Ini sekaligus untuk mendukung program penghijauan yang digalakkan Pemprov DKI,” ujar Djauhar.

Lokasi tersebut sebelumnya sudah ditanami pohon jenis tabebuya kuning. Menyusul adanya perbaikan turap dan peninggian tanggul Kali Baru. Penanaman pohon akan terus dilakukan dalam mendukung tercapainya target penanaman 10 ribu pohon di tahun 2024, di seluruh wilayah Jakarta.

Sementara itu, Plt Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Tamhut Jakarta Timur, Matjenih menambahkan, kegiatan Jumat Menanam melibatkan 50 personel gabungan. Terdiri dari unsur Satgas Hijau, Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Sudin-Sudin, Satpel Kecamatan, Sudin Perhubungan, Satpol PP dan unsur kelurahan/kecamatan.

“Program Jumat menanam ini rutin kita lakukan dengan lokasi berpindah-pindah. Yakni menyasar ke area yang penghijauannya masih kurang,” ungkapnya. (JS)