Walikota Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Jakarta Timur Panen Sayuran di RSUD Cipayung

Jakarta Timur, (20/9/2024) – Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, mengikuti aksi panen sayuran di lahan urban farming RSUD Cipayung, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (20/9/2024).

Kegiatan juga dihadiri Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Kusmanto, Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Fauzi, Camat Cipayung Panangaran Ritonga, Satuan Pelaksana Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Cipayung Nur Hikmah, Lurah Bambu Apus Novian Wijanarko, dan Dewan Kota Kecamatan Cipayung Toto Suharto.

“Saya bersama Ketua Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan panen sayur hasil urban farming di lahan milik RSUD Cipayung. Ini sebuah langkah pemanfaatan lahan menjadi tempat budidaya sayuran. Hari ini saya panen cabai, sawi, tomat, timun dan kacang. Ini adalah salah satu contoh yang baik untuk masyarakat, agar bisa memanfaatkan lahan kosong dijadikan lahan urban farming dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Bambu Apus,” kata Walikota.

Dari kegiatan itu, Walikota berharap masyarakat Jakarta Timur melakukan hal yang sama di lingkungan masing-masing. Memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat, serta menjadikan edukasi kepada warga.

“Jadi hasil panen pada hari ini sebagian dibagikan kepada warga sekitar dan sisanya lagi dijual untuk PJLP (Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan) yang mengurus lahan urban farming ini di RSUD Cipayung,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasatpel Sudin KPKP Kecamatan Cipayung, Nur Hikmah, menjelaskan, hasil panen keempat di lahan RSUD Cipayung yang dihadiri Walikota dan Ketua TP PKK Jakarta Timur mencapai berat 28 kilogram. Sayurannya berupa sawi (20 kg), timun (3 kg), cabai (3 kg) rawit dan tomat (2 kg). 

“Kami sudah empat kali panen, saya berterima kasih Bapak Walikota sudah berkenan panen bersama dan Kelurahan Bambu Apus serta pihak RSUD Cipayung yang sudah membantu kegiatan urban farming sehingga bisa dilaksanakan panen hari ini. Semoga ke depannya bisa lebih banyak lagi hasil panennya,” ungkapnya. (JS)