Pemberdayaan Ekonomi, 20 Warga di Kelurahan Cawang Ikuti Pelatihan Baja Ringan

Jakarta Timur, (30/9/2024) - Sebanyak 20 warga Kelurahan Cawang yang berprofesi sebagai tukang mengikuti Pelatihan Baja Ringan, di Aula Kantor Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (30/09/2024). 

Kegiatan dalam bentuk pengabdian masyarakat dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) bekerjasama PT. Utama Kencana dan Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI) dibuka langsung Lurah Cawang, Didik Diarjo. 

"Ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Arsitektur Universitas Kristen Indonesia yang menurut saya salah satu hal yang positif, karena dilakukan pelatihan standar perakitan baja ringan dengan baik dan benar mungkin sebagian ada yang belum tahu jadi dengan kegiatan ini dapat membantu menambah wawasan bagi para peserta yang hadir. Tentunya dengan pelatihan ini para peserta bisa mengerti tentang konstruksi baja ringan," jelasnya.

Dengan pelatihan diharapkan nantinya para tukang bisa menjadi partner yang baik dalam menjalankan proyek konstruksi baja ringan.

"Tentunya PT Utama Kencana punya standar khusus yang bisa bergabung dalam partner kerja sehingga mendapatkan pemasukan ekonomi untuk para tukang. Semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi wawasan yang positif untuk para tukang melakukan konstruksi dengan baja ringan," ungkapnya. 

Sementara itu, Margareta Maria Sudarwani, sebagai Kabid Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UKI menjelaskan, konstrukasi dengan kayu sudah mulai ditinggalkan. Karena itu, mereka memilih pelatihan baja ringan. 

"Jadi dengan kegiatan ini bisa memotivasi para tukang bisa menerapkannya dalam kegiatan pekerjaannya. Kita tadinya memilih ke karang taruna, tetapi jika ilmu yang sudah didapat tidak diterapkan sayang, makanya kami meminta Kelurahan Cawang untuk menghadirkan komunitas para tukang, agar ilmu yang didapat bisa diterapkan dalam praktek kerja di lapangan," ungkapnya yang juga berharap pelatihan digelar di wilayah lainnya. (JS)