Pemkot Jakarta Timur Pastikan Pilkada 2024 Berjalan Kondusif

Jakarta Timur, (3/10/2024) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Timur, KPU Jakarta Timur dan jajaran terkait lainnya, mengikuti launching Posko Bersama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta 2024, secara dalam jaringan (daring), di Ruang Rapat Khusus Walikota, Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (3/10/2024).

Walikota menjelaskan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyiapkan Posko Bersama guna menyukseskan Pilkada 2024. Nantinya, posko berfungsi menciptakan Pilkada yang kondusif. 

Ia menyebutkan, Pilkada 2024, Kota Administrasi Jakarta Timur memiliki jumlah pemilih tetap sementara sebanyak 2.374.828, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 4.144.

“Posko bersama sangat penting sekali kita bentuk, untuk sinergitas kami bersama. Biasanya TPS kita (di Jakarta Timur), 8 ribu lebih, sekarang 4 ribu lebih TPS . Saya sampaikan di Jakarta Timur sangat kondusif sampai hari ini. Mudah-mudahan kita harapkan, aman, lancar, dan demokrasi di Jakarta  jadi percontohan untuk di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Administrasi Jakarta Timur, Handoko, menjelaskan peluncuran Posko Bersama Pilkada 2024, dilaksanakan serentak di lima wilayah Kota Administrasi dan 1 Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta.  Jakarta Timur sendiri memiliki 1 posko bersama tingkat kota Administrasi Jakarta Timur, Posko Bersama di 65 Kelurahan se-Jakarta Timur, dan 10 Posko Bersama di 10 Kecamatan se-Jakarta Timur. 

Pelaksanaan Posko Bersama untuk tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur dimulai 25 Oktober-15 Desember, sementara untuk kecamatan dan kelurahan, dimulai sejak 8 Oktober 2024.

“Untuk pelaksanaannya sendiri kita bersinergi dengan tingkat Provinsi hal-hal yang perlu kita laporkan bagaimana menjaga sinergitas di tiap wilayah dari mulai kelurahan, kecamatan, kota dan provinsi berlangsung dengan lancar, sehingga Pilkada bisa berlangsung dengan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur, Tedy Kurnia, menyampaikan, untuk posko bersama di tingkat kelurahan dan kecamatan dipastikan berjalan dengan baik secara sinergitas.

“Terkait posko, kemarin kami sudah laporkan seluruh kecamatan dan kelurahan kita instruksikan supaya sinergi dengan seluruh perangkat di tingkat kecamatan dan kelurahan, kami siap untuk mendukung dan berkolaborasi dengan Pemda (Pemerintah Daerah) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) dan stakeholder lainnya,” ujarnya. (AD)