Antisipasi Genangan Satgas SDA Kecamatan Cakung Gencarkan Pengurasan Saluran Gendong

Jakarta Timur, (17/10/2024) – Sebagai upaya pencegahan genangan saat memasuki musim penghujan, Satuan Tugas Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Cakung, terus melakukan normalisasi terhadap saluran gendong di sepanjang Jalan Cakung Cilincing, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

Pengurasan dilakukan dengan mengerahkan sedikitnya 30 personel yang terbagi dalam tiga shift. Tujuan dilakukannya pengurasan dalam rangka mengendalikan genangan saat hujan, karena lokasi tersebut kerap terjadinya banjir saat hujan deras dengan ketinggian 30 hingga 40  sentimeter hingga menyebabkan kemacetan.

"Hingga kini kita kebut pengerjaan hingga dapat mengendalikan banjir saat datangnya musim penghujan dari pengurasan itu air akan dikendalikan dengan dialirkan ke Kali Cakung Drain dan Phb (penghubung) Babek," kata Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Cakung, Dian Nur Cahyo, saat dikonfirmasi, Kamis (17/10/2024).

Dijelaskan Dian, meskipun pihaknya telah mengerahkan sebanyak 30 satgas dalam pengerjaan pengurasan, masih banyak kendala dihadapi, salah satunya keberadaan saluran yang memiliki lebar 1 meter dengan tinggi kedalaman 120 sentimeter telah dipadati sedimentasi lumpur hingga setinggi 110 sentimeter. Lokasi juga sering dijadikan tempat parkir truk kontainer dan banyaknya bangunan semi permanen.

Tiap harinya, petugas bisa mengangkut sedimentasi lumpur pada saluran gendong tersebut sebanyak 600 hingga 900 karung.
 
"Kita terus lakukan secara manual, dan kita siagakan alat berat jika memang dibutuhkan, intinya kita konsentrasi dalam upaya pengendalian banjir di sepanjang Jalan Cakung Cilincing. Dari 3,52 kilometer kita sudah lakukan normalisasi pengurasan sebanyak 2.009 meter. Alhamdulillah terbukti bisa mengendalikan genangan saat kemarin turun hujan," tandasnya. (AJ)