Ratusan Warga Ikut Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciliwung

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murad, menghadiri kegiatan Gotong Royong Bersih Ciliwung dari Jembatan MT Haryono sampai ke Jembatan Kampung Melayu, Minggu (7/8). Acara dengan tema, "Kebangkitan Revolusi Mental Kita Mulai dari Ciliwung Selamatkan dan Lestarikan Yang Tersisa ini, juga diikuti ratusan warga yang tinggal disepanjang bantaran Kali Ciliwung.

Aksi gotong-royong ini bertujuan untuk membersihkan Kali Ciliwung dari sampah, sekaligus untuk restorasi sungai agar, ketersediaan bahan baku untuk air bersih bisa diwujudkan dari Kali Ciliwung. Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Walikota dan para undangan dengan menggunakan perahu karet menyusuri kali Ciliwung memantau aksi kebersihan.

Selain aksi kebersihan, juga dilakukan pelepasan benih ikan lele dan nila oleh Menteri Lingkungan  Hidup  dan para pejabat yang hadir. Siti Nurbaya dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini paling baik dan bersifat positif karna dapat memberikan edukasi kepada masyakatat. “Gotong-royong yang dilakukan pada hari ini baik karena di lihat dari  semangat dan jiwa masyarakat dalam partisipasi utk melakukan kebersihan daerah sungai Ciliwung ini sangat antusias,” kata Siti.

Siti menambahkan dari hasil tinjauan denegan menaiki perahu karet masih melihat adanya sampah di Kali Ciliwung.  Dia mengharapkan, Pemprov DKI Jakarta untuk mengambil langkah-langkah agar daerah sekitar Ciliwung bisa bersih. “Saya menghimbau untuk  masyarakat  dibekali edukasi dan budaya cinta akan lingkungan,” himbaunya.

Sementara itu penyelengara acara, Mat Peci Usman Firdaus mengatakan kegiatan ini suatu program ekowisata yang dilakukan untuk mengedukasi warga serta mengharapkan warga untuk berpartisipasi dalam menjaga dan membersihkan lingkungan sepanjang Sungai Ciliwung.  Aksi kebersihan ini menurutnya diikuti warga dari tiga kelurahan yaitu  Kelurahan Cikoko dan Kelurahan Kebon Baru di Jakarta Selatan serta Kelurahan Bidara Cina do Jakarta Timur.

 “Jadi pada kegiatan ini,  gotong royong merupakan kegiatan dalam program ekowisata yang akan melibatkan pemerintah DKI,  komunitas serta masyarakat utk bisa berkolaborasi dalam menciptkan lingkungan bersih di sungai Ciliwung,” ujarnya. (Jonathan/Kominfomas JT)