Kebakaran Landa Puluhan Rumah Dan Pabrik Mebel Di Duren Sawit

Puluhan rumah warga dan sejumlah pabrik serta gudang mebel di Jalan Gotong Royong, RT 002/RW 02, Kelurahan Pondok Bambu, Kelurahan Duren Sawit, ludes terbakar, Senin (8/8). Api yang mulai terlihat pukul 07.00, diperkirakan disebabkan hubungan arus pendek listrik.

Walaupun diguyur hujan deras, tidak membuat api yang pertama kali terlihat dari gudang mebel milik warga tersebut padam. Api pun terus menjalar ke rumah-rumah warga disekitarnya.

Petugas dari Sudin Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur yang tiba dilokasi berjibaku untuk memadamkan api. Sedikitnya diterjunkan 30 unit mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan si jago merah.

Setelah lebih dari tiga jam berjuang, akhirnya petugas yang bersama warga setempat berhasil memadamkan api. Walaupun tidak menimbulkan korban jiwa, namun ada tiga warga yang mengalami luka-luka dalam peristiwa kebakaran tersebut.

 "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian, hanya tiga orang luka ringan saja. Hingga saat ini jumlah kerugian masih dihitung," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaiman.

Ketiga korban luka yaitu Intan (37) yang mengalami patah kaki kiri akibat terjatuh dari tangga rumah saat menyelamatkan diri. Selanjutnya Mursia (41) yang jatuh pingsan saat rumahnya terbakar dan  Kurniawan (33) yang mengalami luka bakar di lengan kirinya saat berupaya memadamkan kobaran api.

Menurut Gatot, api mulai membesar mulai pukul 07.00 dan bisa dikuasai sekitar pukul 10.30. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan sekitar 50 bangunan gudang serta rumah penduduk itu.

"Saat ini tinggal pendinginan. Dugaan sementara dari korsleting listrik, masih diselidiki lebih lanjut," tandasnya. (Jonathan/Kominfomas JT)