Jaktim Pengumpul Bulan Dana PMI Tertinggi di Provinsi DKI Jakarta

PMI Kota Administrasi Jakarta Timur kembali berhasil menjadi pengumpul Bulan Dana  PMI tertinggi di tingkat Provinsi DKI Jakarta untuk tahun 2015, dengan hasil Rp. 5.263.480.270. Prestasi ini merupakan yang ke enam kalinya secara berturut-turut.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Administrasi Jakarta Timur, Siti Syamsiah Bambang, mengatakan, pengumpulan dana PMI tahun ini mengalami kenaikan 2,4 persen dari hasil bulan dana tahun 2014. “Kegiatan Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan dari tanggal 17 Juli 2014 hingga 17 Januari 2015 selama enam bulan,” ujarnya, saat penutupan Bulan Dana PMI di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (10/2).

Hasil Bulan Dana PMI tersebut bersumber dari instansi Pemerintah sebesar Rp.2.522.414.000, Kecamatan termasuk Kelurahan sebesar Rp.1.873.565.000, Unit Pelaksana Teknis sebesar Rp. 195.590.000, BUMN, BMUD dan Badan Usaha Swasta sebesar Rp. 216.620.270, Organisasi KORPRI, GPBSI, PKK dan Dharma Wanita sebesar Rp 411.764.000, tempat rekreasi seperti TMII, Monumen Pancasila Sakti dan Buperta Cibubur sebesar Rp. 43.527.000. sementara jumlah total unit pelaksana Bulan Dana PMI Tingkat Kota Jakarta Timur tahun 2014 sampai 2015 sebanyak 56 unit kerja.

“Jakarta Timur menjadi pengumpul dana tertinggi berkat kerjasama dan dukungan Walikota Jakarta Timur, para Camat, Lurah dan badan-badan usaha serta seluruh masyarakat Jakarta Timur yang telah berusaha keras mengumpulkan dana PMI,” ujar Siti.

Siti menjelaskan, rincian Pelaksana Bulan Dana PMI Terbaik yaitu Instansi Pengumpul Dana Tertinggi tingkat Pemerintah Kota diraih oleh Sudin Pendidikan Dasar sebesar Rp.1.460.674.000, pengumpul dana tertinggi tingkat Kecamatan yaitu Kecamatan Jatinegara sebesar Rp.261.000.000, pengumpul  dana tertinggi tingkat Kelurahan yaitu Kelurahan Cipinang Besar Selatan sebesar Rp. 66.240.000 dan sekolah pengumpul dana tertinggi SMA Negeri 71 Jakarta sebesar Rp 9.000.000.

Walikota Jakarta Timur sekaligus sebagai Pelindung PMI Kota Adminsitrasi Jakarta Timur Bambang Musyawardana, merasa bangga atas kinerja dan prestasi yang telah diraih oleh Jakarta Timur. Menurut Bambang, sesuai arahan dan wacana dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta, untuk tahun mendatang dalam upaya penggalangan dana tidak menggunakan kupon.

“Kami berharap tidak lagi menggunakan kupon bulan dana. Saya tegaskan bahwa ini baru wacana bukan instruksi, PMI se Provinsi DKI Jakarta tetap diperkenankan melakukan upaya penggalangan dana kemanusiaan namun dengan metode yang inovatif dan  berharap dukungan maksimal dari seluruh jajaran pemerintah kota maupun  para mitra pemerintah sebagai bagian dari masyarakat Jakarta Timur,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, dirinya mendapatkan tantangan baru dalam mempertahankan predikat kota Administrasi Jakarta Timur sebagai pengumpul dana tertinggi se-Provinsi DKI Jakarta dan meningkatkan hasil bulan dana PMI tingkat Kota Jakarta Timur tahun 2014-2015.

“Saya titipkan hasil bulan dana tersebut untuk dapat di kelola dan didayagunakan sebaik mungkin demi kepentingan sosial kemanusian dan pembinaan generasi muda serta kepentingan masyarakat luas. Mengingat dana tersebut di peroleh dari masyarakat dan sepatutnya dipergunakan untuk kepentingan masyarakat serta dapat dipertanggung jawabkan,” ujarnya.

Sementara Ketua Pengurus PMI Kota Jakarta Timur H. Kusnoto S.SE mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat di Jakarta Timur yang telah turut mensukseskan Bulan Dana PMI.

“Hasil Bulan Dana tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan sosial kemanusiaan seperti penanganan bencana seperti banjir yang terjadi awal tahun ini, pelayanan ambulans 24 jam gratis,  pelayanan sosial kesehatan, pembinaan generasi muda melalui wadah Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) dan kegiatan kemanusiaan lainnya,” kata  H. Kusnoto.

Kusnoto menegaskan, pihaknya akan terus berinovasi dalam menentukan metode yang efektif dalam penggalangan dana dan berharap Walikota Jakarta Timur melalui para Pelaksana Bulan Dana sebagai mitra PMI untuk tetap mendukung penggalangan dana PMI yang akan dilaksanakan dalam bentuk lain.

“Selain itu masyarakat dapat juga menyalurkan bantuannya melalui Rekening Bank Mandiri Cab. Mall Klender atas nama PMI Cabang Kota Jakarta Timur dengan nomor rekening 006.00.057.891.3,” pungkasnya. (Idham/Kominfomas JT)