Wakil Walikota Pimpin AKMP Di Kelurahan Pisangan Timur

Wakil Walikota Jakarta Timur M. Anwar memimpin Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP), di  Jalan Gading Raya RT 001/RW 14 Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Minggu (8/1). Kegiatan yang rutin digelar setiap minggu pagi ini, bertujuan memotivasi masyarakat agar peduli terhadap kebersihan  lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

AKMP diawali dengan apel petugas , pukul 06.00 WIB. Kegiatan ini diikuti sedikitnya 100 petugas gabungan yang terdiri dari unsur Satpol PP, Sudin Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Sudin Sumber Daya Air, Sudin Kehutanan, Pertamanan dan Pemakaman, Sudin Bina Marga, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan masyarakat setempat.

Adapun aksi kebersihan difokuskan untuk membersihkan sampah di lingkungan tempat tinggal warga dan saluran penghubung yang berada di Jalan Gading RT 001, 002/RW 14 Kelurahan Pisangan Timur yang kerap menjadi pemicu genangan pada musim hujan.

Wakil Walikota mengatakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan rutin pada tiap minggunya dengan secara bergantian di seluruh wilayah Jakarta Timur. Adapun aksi ini bertujuan untuk  memancing  kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan terutama dalam menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Aksi kebersihan ini selalu terus dilakukan secara rutin secara keliling dengan tujuan agar masyarakat terpancing kesadaranya untuk ikut berpartisipasi dalam membersihkan dan menjaga kebersihan lingkungan,” kata Anwar.

Wakil Walikota menambahkan, dengan lingkungan yang bersih tentunya akan tercipta masyarakat yang sehat. ”Saya harapkan masyarakat disini terus menjaga lingkungan, karena jika daerahnya bersih pasti akan terhindar dari penyakit salah satunya DBD,” kata Anwar.

Anwar menjelaskan, selain melakukan aksi bersih-bersih, dirinya bersama para pejabat  Pemkot Jakarta Timur yang hadir, sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat dan berdialog untuk mendengarkan secara langsung permasalahan yang ada.

“Sekali lagi, misi kita yang utama dari kegiatan aksi kebersihan ini, tentu melahirkan lingkungan yang bersih. Disamping itu, kita  juga ingin dekat oleh masyarakat dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang ada,” paparnya.

Pada kesempatan ini,  Wakil Walikota menghimbau agar masyarakat di Kelurahan Pisangan Timur senantiasa menjaga  kebersihan lingkungan. ”Saya menghimbau kepada seluruh warga di RW 14 Kelurahan Pisangan Timur dan sekitarnya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kerja bakti ini, diharapkan ada perubahan kearah yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu Lurah Pisangan Timur Siti Maryam mengatakan, kerja bakti ini bentuk respon cepat berdasarkan laporan warga melalui aplikasi Qlue. ”Kerja bakti merupakan respon cepat,” katanya

Maryam menambahkan, kedepan pihaknya akan terus berupaya menjaga kebersihan lingkungan bersama dengan masyrakat.  “Seperti yang Pak Wakil arahkan, kedepan akan kita lebih tekankan kebersihan dengan kerja bakti tingkat RW agar terwujudnya kebersihan semakin terjaga dan aman dari bahaya penyakit,”  ujar Maryam.

Muharir, Ketua RW 14 Kelurahan Pisangan Timur mengungkapkan, pihaknya  senang dengan adanya aksi kebersihan  yang dipimpin langsung  Wakil Walikota. ”Saya sangat banyak terima kasih dengan adanya kerja bakti ini yang langsung di pimpin oleh Pak Wakil yang baru dilantik. Kedepan akan terus tetap menjaga dengan kebersihan lingkungan yang terus bersinergi dengan perangkat Kelurahan,” pungkasnya. (Jonathan/Kominfomas JT)