Kali Aneka Elok Di Kelurahan Penggilingan Akan Dinormalisasi

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur Syofian Thahir mengungkapkan, Pemkot Jakarta Timur akan menormalisasikan kali Aneka Elok yang berlokasi di Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung. Badan kali yang terputus di wilayah RW 06 Kelurahan Penggilingan  akan disambung sehingga kali dapat terhubung ke waduk Aneka Elok.

“Penyambungan kali ini sudah urgent,  karena kalau bagian yang terputus sudah tersambung, genangan air yang selama ini mengganggu warga di RW 06 Kelurahan Penggilingan bisa tuntas," kata Syofian, di kantornya, Senin (16/1).

Menurut Syofian, Kali Aneka Elok memiliki panjang sekitar 1.500 meter. Selama ini, kali tersebut berfungsi menyalurkan air dari saluran mikro di permukiman warga di antaranya RW 05, 06 dan RW 11 Kelurahan Penggilingan, ke Waduk Aneka Elok di RW 09 Kelurahan Penggilingan.

Dijelaskan Sofyan, bagian kali yang terputus terdapat di wilayah RW 06 Kelurahan Pengilingan. Terdapat dua lahan yang masing-masing memiliki luas sekitar 200 meter persegi yang diatasnya terdapat lima bangunan warga.

Akibatnya, saat terjadi hujan deras permukiman warga di RT 04, 05 dan RT 10/RW 06 Kelurahan Penggilingan, kerap tergenang sampai masuk kedalam rumah warga. "Informasi dari masyarakat sudah dibebaskan sejak tahun 2000, hanya lima rumah yang belum dibebaskan. Untuk itu segera akan kita rapatkan di tingkat kota," ujarnya.

 Sementara Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Aahmad  Yazied Bustomi mengatakan, bila bagian kali yang terputus sudah dibebaskan, pihaknya akan melakukan normalisasi. Nantinya, lebar kali akan ditambah hingga enam meter.

"Kedalamannya kita akan buat tiga meter. Tapi kita akan masuk setelah lahan bebas dari bangunan," tandasnya. (Jonathan/KIS JT)