Wakil Walikota Buka Rapimkota Kadin Jaktim

Wakil Walikota Jakarta Timur M. Anwar membuka Rapat Pimpinan Kota (Rapimkota) III Tahun 2017 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta Timur di  Hotel Santika TMII, Cipayung, Senin (27/2). Hadir pula pada kegiatan ini, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Eddy Kuntadi, Ketua Dewan Penasehat Kadin DKI Jakarta Aip Syarifudin, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Dhaniswara K. Harjono dan Ketua Kadin Jakarta Timur Robertson Gultom.

Adapun tema Rapimkota III Tahun 2017 Kadin Jakarta Timur yaitu mewujudkan kerjasama yang sinergi antara Kadin Jakarta Timur dengan Pemkot Jakarta Timur, khususnya mendorong penguatan sektor UMKM dan koperasi di Jakarta Timur. Sedangkan sub temanya, meningkatkan kualitas dan kuantitas UMKM serta koperasi agar mampu berdaya saing dan menciptakan taraf hidup sejahtera.

Wakil Walikota mengatakan, Rapimkota ini dalam rangka menyusun dan evaluasi program kerja Kadin Jakarta Timur. “Diharapkan ke depan Kadin Jakarta Timur dapat lebih berperan aktif dalam rangka meningkatkan kualitas perekonomian khususnya usaha mikro informal,” ujar Anwar.

Anwar juga mengharapkan, Kadin Jakarta Timur dapat bekerjasama dalam membuat potensi industri kreatif dikemas menjadi paket wisata, seperti Pasar Gembrong, Pasar beras Tjipinang station, Pasar Batu Akik, Pusat Industri Kecil di Penggilingan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan lain sebagainya.

“Tempat-tempat tersebut dikemas agar menjadi paket wisata yang menarik jika dilakukan kerjasama antar Kadin Jakarta Timur dan Pemkot Jaakarta Timur,” ujarnya.

Wakil Walikota bjuga mengharapkan, usaha mikro informal dapat menjadi formal. Tentunya ini dengan upaya meningkatkan kualitas pedagangnya, baik kualitas barangnya maupun SDM-nya.

Sementara itu menurut Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Eddy Kuntadi mengatakan, Rapimkota merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan. “Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi apa yang telah dilakukan dan apa program kerja di tahun 2017,” katanya.

Menurut Eddy, pihaknya akan memperkuat sinergi antara Kadin dengan Pemkot Jakarta Timur.  “Kita mitra pemerintah secara otomatis akan memperkuat ekonomi di wilayah Jakarta Timur, membangun kewirausahaan, memperkuat potensi yang ada dan ini menjadi sasaran utama kita,” ujarnya.

Kadin tambahnya, akan mencari potensi yang ada di Jakarta Timur, misalnya di bidang pariwisata dan industri kecil.  “Kita akan lakukan kerjasama dan memperkuat sinergi antara Kadin Jakarta Timur dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur agar potensi itu menjadi salah satu kekuatan kita dalam membangun perekonomian yang lebih baik,” kata Eddy.

Ketua Kadin Jakarta Timur Robertson Gultom mengatakan, Rapimkota wajib dilaksanakan setahun sekali, karena disinilah momen bagi pengurus Kadin untuk menyusun program kerja untuk satu tahun ke depan. “Para pengurus Kadin Jakarta Timur pada kegiatan ini bermusyawarah dan saling bertukar pikiran  untuk merumuskan apa yang akan dilaksanakan satu tahun kedepan,” ujarnya.

Gultom mengatakan, pihaknya akan meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan Pemkot Jakarta Timur. “Kami akan meningkatkan frekuensi pertemuan atau silaturahmi kerjasama dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur kedepannya,” kata Gultom. (Jonathan/Kominfotik JT)