Sekko Pimpin PSN Di RW 05 Kelurahan Cilangkap

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Timur Jayadi memimpin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sekaligus Silaturahmi Jumat Keliling (Jumling) di RW 05 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jumat (10/3). Pada kegiatan ini, Sekko memeriksa jentik nyamuk di rumah-rumah warga yang ada di Jalan Assyafiah Gang Hikmah RT 001/RW 05 Kelurahan Cilangkap.

Jayadi mengatakan, kegiatan monitoring PSN merupakan agenda rutin Pemkot Jakarta Timur dilaksanakan setiap hari Jumat pagi. Kegiatan ini tambahnya, diikuti oleh seluruh pejabat Pemkot Jakarta Timur sesuai jadwal penugasan yang telah ditentukan.

"Monitoring PSN kali ini dilakukan di RW 05 Kelurahan Cilangkap yang secara keseluruhan sudah bersih,” ujarnya.

Walaupun lingkungannya sudah bersih dan bebas dari penyakit DBD, namun Jayadi meminta warga tidak boleh lengah.  “Faktanya Jakarta Timur menjadi peringkat pertama kasus DBD di Provinsi DKI Jakarta dan untuk wilayah Jakarta Timur sendiri, Kecamatan Cipayung termasuk peringkat ke lima terbanyak ada kasus DBD,” kata Jayadi.

Dirinya pun meminta masyarakat agar aktif melakukan PSN setiap Jumat pagi. “Saya menghimbau agar warga melaksanakan Jumantik mandiri harus dilakukan rutin, baik dari kepala rumah tangga, ibu rumah tangga atau anaknya melakukan Jumantik mandiri minimal di halaman atau rumahnya sendiri,” katanya.

Warga pun diminta agar mau diperiksa  rumahnya oleh kader Jumantik. Bila ada rumah yang tidak dapat dimasuki Jumantik, Sekko meminta agar dilaporkan ke lurah.

“Untuk rumah yang tidak bisa dimasuki kader Jumantik, segera lapor lurah agar bisa dikoordinasikan dengan baik sehingga kader Jumantik bisa masuk kedalam rumah tersebut," ucapnya.

Jayadi mengatakan,  PSN harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh ada satupun rumah yang lolos dari pemeriksaan jentik nyamuk.  Lokasi-lokasi yang rawan jentik nyamuk, antara lain pemapungan air, bak mandi, pot bunga, tempt mimun unggas dan dispenser.

“Tempat-tempat tersebut jangan sampai terlewatkan dalam pemeriksaan jentik, karena tempat seperti itulah yang biasa sering ditemui jentik,” tukasnya.

Sambil memeriksa jentik nyamuk, Sekko melakukan Jumat Keliling dengan menyapa warga yang ditemuinya. Hal ini untuk mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat, sekaligus mencarikan solusinya.

Saat mengetahui ada warga di RT 001/RW 05 Kelurahan Cilangkap yang membutuhkan kursi roda, Sekko pun meminta Bagian Kesra Jakarta Timur untuk berkoordinasi dengan BAZIS Jakarta Timur. (Jonathan/Kominfotik JT)