Letkol ARM Bagus Tri Wibowo Jadi Dandim 0505 Jaktim Yang Baru

Wakil Walikota Jakarta Timur Drs. H. Husein Murad, M.Si, menghadiri acara Lepas Sambut Komandan Kodim (Dandim) 0505 Jakarta Timur dari Letkol INF R. Dwi Tjahjo Harsono kepada Letkol ARM Bagus Tri Wibowo, di Ruang Serba Guna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu malam (18/3). Wakil Walikota berharap, Dandim yang baru dapat terus menjalin kerjasama dan silaturahmi yang telah terbangun selama ini.

“Diharapkan Dandim 0505 Jakarta Timur yang baru, dapat melanjutkan koodinasi dan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik dengan Pemkot Jakarta Timur dan Polri,” ujar Husein dalam sambutannya.

Menurutnya, Jakarta Timur ini merupakan wilayah paling luas diantara wilayah Kota Jakarta lainnya. Selain itu terdapat pula berbagai obyek vital, seprti Mabes TNI Cilangkap, Lanud Halim Perdana Kusuma yang selalu sibuk, Markas Komando Kopassus dan Rindam.

“Dandim 0505 Jakarta Timur yang baru diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan wilayah Jakarta Timur yang memang sangat padat pada setiap kegiatan dan tugasnya dan diharapkan koordinasi selalu tetap terjalin dengan baik,” ujar Husein.

 Letkol INF R. Dwi Tjahjo Harsono, mengatakan, berdinas di Jakarta Timur perlu dengan suatu kesabaran, hadapi dengan ketenangan dan kesabaran karena akan membuat matang, kegiatan di Jakarta Timur sangat padat yang bersifat VVIP dimana di ada bandara Halim PK.

“Waktu jarak tempuh kita kelokasi sangat diperhitungkan luar biasa, saya sangat jarang berada diruangan kantor Kodim dan dalam waktu satu minggu hanya dua jam saja di dalam kantor sudah bagus karena memang lebih banyak di lapangan,” ujar Dwi.

 Menurutnya, kedepan akan ditugaskan di Mabes AD dengan tugas yang baru sebagai Pabandia. Tugasnya antra lain untuk menyalurkan anggota TNI yang akan melaksanakan alih fungsi.

“Pabandia untuk penyaluran senior dan rekan kerja yang nantinya akan melaksanakan alih fungsi, alih prestasi atau alih kerja dan telah berhubungan dengan BUMD, BUMN, perusahan yang ada diseluruh Indonesia seperti PT. Kereta Api, Pertamina, dan Freeport untuk memasukan senior dan rekan kerja dengan alih status atau profesi mulai dari Jenderal sampai Bintara,” ujarnya.

Dwi berharap, para anggotanya agar selalu menjalin tali silaturahmi dengan para komandannya baik yang masih menjadi komandan langsung atau yang sudah pindah atau pensiun dari tugasnya.

 Sementara itu Komandan Kodim 0505 Jakarta Timur, Letkol ARM Bagus Tri Wibowo, mengatakan, perjalan karir dimulai dari ARMED 7 Cikiwul Bekasi kemudian masuk Letnan Satu di Kramat 7 jadi Intel, fasi Intel Kodim Jakarta Pusat, Danramil Jatinegara dan di Papua, Sestu di Kalimantan Barat selama 1,5 tahun, kemudian balik ke Jakarta mengawal Pemilu dan Pilpres dan sekarang dipercaya menjadi Komandan Kodim 0505 Jakarta Timur.

“Saya berharap kepada anggota Kodim agar terbukaan dengan saya, karena saya selama berdinas dimanapun saya selalu mengedepankan keterbukaan sehingga tidak ada komunikasi satu arah,” ujar Bagus.

Bagus berharap, baik Kodim, Polri dan aparat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dapat bekerjasama. Saya berharap saling mendukung antar sesama aparat selama di lapangan, guna membangun Jakarta Timur menjadi lebih baik lagi,” tukasnya. (Idham/Kominfomas JT)