Grebek Sampah Minggu Pagi, Wali Kota Bersama Warga Keruk Saluran RW 10 Kelurahan Pulogadung

Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin Grebek Sampah Kebersihan Minggu Pagi di Jalan Kayu Mas Raya RW 010, Kelurahan Pulogadung, Kecamatan Pulogadung, Minggu (28/1). Sebanyak 350 petugas yang meliputi unsur Satpol PP, Bina Marga, Sumber Daya Air (SDA), PPSU serta  masyarakat yang ikut serta dalam aksi kebersihan ini. 

Kegiatan rutin digelar setiap minggu pagi bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menjaga kehidupan yang bersih dan sehat dilingkungan.

Grebek Sampah Kebersihan Minggu Pagi kali ini difokuskan di sekitar lingkungan Warga RW. 010 Kelurahan Pulogadung yakni membersihan lingkungan warga serta peninjauan saluran penghubung yang sering tersumbat, sehingga kerap menjadi genangan saat hujan. 

Wali Kota mengatakan, hasil kebersihan minggu pagi ini pihaknya akan segera menindaklanjuti melalui Sudin Teknis SDA guna perbaikan saluran dengan cara membuat sodetan yang akan dihubungkan langsung ke anak Kali Sunter, " Kita telah meninjau seluruh saluran yang ada akan kita tata kembali sehingga air disaluran dapa berjalan dengan normal dan lancar " katanya. 

Dijelaskan Wali Kota, selain melakukan sodetan sebagai langkah utama dalam menangani genangan tersebut perlunya diadakan pengerukan seluruh sedimen," Sementara ini kita lakukan pengerukan lebih dulu, setidaknya sumbatan yang ada tidak kembali lagi menjadi genangan " paparnya. 

Wali Kota menghimbau seluruh warga untuk bersama sama menjaga kebersihan lingkungan agar kelestarianya terus tetap terjaga, " Saya terus menghimbau agar warga perduli lingkungan kerja bakti ini untuk kepentingan Kesejahteraan kita semua " imbuhnya. 

Sementara itu Lurah Pulogadung Agusno Harahap mengatakan, wilayah ini sebelumnya memang kerap terjadi genangan saat hujan deras dengan tinggi 15 senti meter disebabkan saluran yang buruk Oleh sebab itu, perlunya penataan saluran.

" Memang kerap terjadi genangan kita fokuskan di tempat ini, selain genangan juga akan kita tertibkan taman yang selama ini dijadikan tempat berjualan warga sehingga taman kembali bersih dan layak sebagai RTH yang dapat dirasakan manfaatnya bagi warga kita terus jaga dan awasi tiap harinya sehingga warga sadar akan kebersihan " ujarnya. 

Aco Sudarsa Ketua RW. 010 Kelurahan Pulogadung mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih atas kehadiran Walikota yang terjun langsung pada aksi kebersihan ini.