Deteksi Kanker Serviks, 242 Wanita Ikuti Tes IVA Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara

Veronica Tan, istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki T. Purnama, melakukan teleconference dari Puskesmas Kecamatan Jatinegara dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang berada di Puskesmas Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (21/4). Kegiatan komunikasi jarak jauh ini sendiri dalam rangka Pencanangan Program Nasional Percepatan Peran serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan Indonesia.

Vero mengatakan, dalam pencanangan ini juga diadakan kegiatan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Tercatat ada 242 orang wanita yang mengikuti IVA test di Puskesmas Kecamatan Jatinegara.

“Di Puskesmas Kecamatan Jatinegara yang mendaftar hari ini 242 dan yang sudah dilakukan tindakan IVA test 116,” lapor Vero kepada Iriana.

Iriana berpesan pelayanan kepada masyarakat di Puskesmas dapat dilakukan hingga 24 jam, karena banyak wanita yang bekerja sehingga tidak dapat datang melakukan pemeriksaan IVA pada jam kerja. Selain itu, Ibu Negara juga meminta agar program deteksi dini kanker leher rahim (serviks) melalui pemeriksaan IVA ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas, khususnya kamu perempuan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengungkapkan, IVA test dilakukan di seluruh Puskesmas yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, pihaknya juga akan jemput bola dengan mendatangi rumah-rumah susun untuk melakukan deteksi dini kanker leher rahim (serviks) melalui pemeriksaan IVA.

“Kami juga merencanakan untuk menganggarkan vaksinasi kanker untuk anak SD umur 12 tahun pada tahun 2016,” ujar Koes yang juga ikut berbicara dengan Iriana. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)