Sekko Jaktim Ajak Pelaku IKM Hasilkan Produk Yang Berasal Dari Sampah

Sekretaris Kota Jakarta Timur M. Anwar mengharapkan, para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dapat menghasilkan produk-produk yang berasal dari sampah atau limbah rumah tangga. Menurut Anwar, banyak barang kerajinan yang dapat dibuat dari hasil daur ulang sampah dan bila dikreasikan dengan baik akan bernilai ekonomi tinggi.

“Dibutuhkan inovasi dan kreatifitas yang tinggi dari pelaku IKM, agar sampah yang sudah tidak bermanfaat dapat diolah menjadi produk yang  memiliki nilai jual,” kata Anwar, saat membuka kegiatan Gelar Produk IKM 2015, dalam rangka memperingati Hari Kartini, di lobby Gedung Blok D Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (24/4).

Dirinya pun berharap, unit terkait dalam hal ini Sudin Perindustrian dan Energi, dapat melakukan pembinaan terhadap pelaku IKM. Sehingga, produk-produk yang dihasilkan, khususnya yang berasal dari hasil daur ulang sampah dapat memiliki nilai jual dan bersaing dipasaran.

Kegiatan ini menurutnya, salah satu upaya untuk menampilkan dan mempromosikan produk IKM agar dikenal masyarakat luas. “Kegiatan bazaar semacam ini dapat digunakan sebagai ajang promosi IKM binaan Suku Dinas Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakarta Timur untuk memperkenalkannya produknya kepada masyarakat luas,” papar Anwar.

Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Tuti Kurniati mengatakan, acara ini diikuti sebanyak 30 pelaku IKM. “Kegiatan yang sudah dua kali dilakukan ini menampilkan berbagai macam komoditas, antara lain produk fashion, kuliner, baik kuliner tradisional maupun modern dan berbagai produk kerajinan,” katanya.

Lewat kegiat ini diharapkan dapat mendorong dan memajukan IKM di Jakarta Timur, khususnya dan kota Jakarta umumnya. “Diharapkan lewat pameran ini akan menumbuhkan minat para pelaku IKM. Selain itu pembinaan yang dilakukan juga dapat semakin baik, sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat disalurkan dengan baik pula,” ujarnya. (Puji/Kominfomas JT)