Wakil Walikota Berikan Motivasi Pada Jumantik Di RW 07 Kelurahan Pondok Kopi

Wakil Walikota Jakarta Timur H. Husein Murad memberi motivasi kepada para Juru Pemantau Jentik (Jumantik) yang selama ini telah bekerja keras tanpa pamrih, untuk mencegah berjangkitnya penyakit demam berdarah dengue (DBD). Bermodal senter dan bubuk abate, mereka keliling ke rumah-rumah warga untuk memeriksa tempat-tempat yang berpotensi jadi sarang nyamuk penyebab DBD.

“Peran kader Jumantik luar biasa. Secara sukarela dan tanpa dibayar mereka keliling ke rumah-rumah warga untuk memeriksa jentik nyamuk. Tugas mulia ini sangat saya apresiasi,” kata Wakil Walikota saat monitoring Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT. 007/RW 07 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jumat (22/5).

Dirinya pun pada kesempatan ini meminta masyarakat agar tidak meremehkan peran Jumantik. Pasalnya mereka sangat berperan terhadap tinggi atau rendahnya kasus DBD di suatu wilayah.

Menurut Husein, dirinya banyak menerima laporan, masih adanya kader Jumantik yang ditolak masuk ke rumah warga. Padahal para kader tersebut merupakan warga setempat dan memiliki surat tugas dari pihak RT/RW.

“Kadang ada warga yang merasa rumahnya sudah bersih, sehingga tidak perlu diperiksa Jumantik. Padahal dalam pemeriksaan jentik nyamuk, tidak boleh ada satupun rumah yang luput dari pemeriksaan, karena bisa saja rumah yang tidak diperiksa itu ada sarang nyamuk penyebab DBD,” papar Wakil Walikota.

Untuk mengantisipasi terjadinya kendala di lapangan, Wakil Walikota pun meminta agar dalam menjalankan tugasnya para kader Jumantik dapat minta didampingi pemilik rumah yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar para kader dapat bekerja dengan maksimal.

“Saya mendapatkan laporan dari kader Jumantik ada yang dituduh mengambil batu cincin saat memeriksa kamar mandi di rumah warga. Ini tidak perlu terjadi kalau saat bertugas minta didampingi oleh si pemilik rumah,” kata Husein.

Pada kegiatan ini, Wakil Walikota ikut keliling bersama Camat Duren Sawit Abu Bakar, Lurah Pondok Kopi P. Ritonga memeriksa jentik nyamuk ke rumah-rumah warga di RT 007/RW 07 Kelurahan Pondok Kopi. Usai PSN dilakukan tatap muka antara Wakil Walikota dengan para kader Jumantik dan masyarakat setempat di gedung Serba Guna RT 007/RW 07 Kelurahan Pondok Kopi. (Rodin Daulat/Kominfomas JT