45 Pengusaha Jakarta Timur Ramaikan Gelar Produk IKM Kreatif

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto, membuka kegiatan Gelar Produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kreatif  Tahun 2019 di Lantai Dasar Blok D, Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (23/7/2019).

Kegiatan yang digagas oleh Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Timur ini diikuti oleh 45 pengusaha IKM yang ada di Jakarta Timur. Para peserta IKM binaan memasarkan produknya masing- masing mulai dari kuliner, fashion dan kerajinan tangan.

Dalam sambutannya Uus mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan salah satu bentuk nyata dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang peduli terhadap para pelaku usaha IKM.

Jajaran pemerintah kota menyiapkan sarana untuk memasarkan produk hasil karya para pelaku IKM. Sehingga ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk pengembangan jaringan dan kewirausahaan terpadu.

“Gelar Produk Kreatif ini merupakan kesempatan dan peluang yang baik bagi para pelaku IKM untuk memperkenalkan, meningkatkan dan mengembangkan produk kreatif baru mereka. Tujuannya agar mampu memiliki daya saing tinggi sehingga mampu menciptakan peluang kerja untuk masyrakat,” ujar Uus.

Menurutnya, Gelar Produk IKM Kreatif seperti ini juga diharapkan menjadi pijakan tekad untuk mewujudkan pengembangan dan peran industri kreatif menuju visi ekonomi kreatif Indonesia 2025.

Sementara, Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Nurhidayat mengatakan, para pengusaha yang mengikuti Gelar Produk IKM Kreatif ini merupakan pelaku usaha binaan unit yang dipimpinnya. Adapun kegiatan tersebut akan berlangsung selama empat hari pada 23-26 Juli 2019 dan dilakukan di lima wilayah Kota Administrasi lainnya di DKI Jakarta.

“Ini sebenarnya  kegiatan rutin yang sering kita lakukan dimana dalam satu tahun ini dilakukan dua kali. Dalam rangka membantu memasarkan produk-produk IKM dari para pelaku IKM binaan. Sehingga setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan terpadu (PKT), mereka dapat memasarkan hasil karyanya ke masyarakat,” kata Nurhidayat.

Ia berharap, dengan seringnya kegiatan seperti ini digelar maka akan tercipta banyak industri kreatif di Jakarta Timur. Sehingga ke depannya diharapkan mamu meningkatkan roda perekonomian di masyarakat. Karena dengan seringnya gelar produk IKM seperti ini maka pelaku IKM sangat terbantu dalam memasarkan produknya.