Jelang Hari Raya Iduladha, Wali Kota Buka Bazar UKM Kota Jaktim

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar membuka Bazar UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di Halaman Kantor Walikota, Kamis (8/8/2019).

Bazar UKM Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur digelar pada 8-9 Agustus 2019 dalam rangka menyambut  datangnya Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Hari Raya Iduladha 1440 H/2019 M.

Tercatat ada 75 stan peserta bazar yang terdiri dari pegiat hasil binaan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) Kota Jakarta Timur. Mereka adalah pegiat yang telah melalui implementasi tujuh langkah PAS (Pasti Akan Sukses).

Malui Bazar UKM  ini, mereka melakukan berbagai pemasaran diantaranya fashion, handcraft (kerajinan tangan), aksesoris, tas, sepatu dan kuliner serta bahan pokok.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar menyambangi salah satu stan peserta UKM Bazar Tingkat Kota Jakarta Timur

Wali Kota mengatakan, sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 102 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, proses pembinaan dan pelatihan calon wirausaha baru dan naik kelas adalah melalui tujuh langkah PAS.

“Bazar ini wujud nyata yang dihasilkan oleh para peserta PKT Kota Jakarta Timur. Di sini mereka memasarkan hasil produk yang telah dikerjakan. Dengan itu, tentunya diharapkan agar bazar ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Wali Kota.

Ia menegaskan agar seluruh peserta PKT di Kota Jakarta Timur untuk terus meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produknya. Sehingga dapat bersaing dan mandiri baik dari segi harga maupun kualitas produknya.

“Jika itu (pemasaran produk) sudah mampu, saya yakin PKT akan memberikan ruang alternatif baru, barang-barang kebutuhan yang akan dikonsumsi masyarakat,” tambahnya.

Wali Kota juga mengimbau agar Suku Dinas KUMKMP (Koperasi Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan) Jakarta Timur untuk terus lakukan pengawasan dan evaluasi. Sehingga keberadaan PKT di Kota Jakarta Timur dapat tumbuh luas dimulai dari wirausaha pemula, sampai wirausaha naik kelas.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar mendatangi salah satu stan di Bazar UKM Tingkat Kota Jakarta Timur

Sementara itu, Kepala Suku Dinas KUMKMP Kota Jakarta Timur Igan M. Faizal menjelaskan bahwa penyelenggaraan Bazar UKM tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kepada peserta PKT untuk memasarkan hasil produk yang telah dikerjakan.

“Di sini (Bazar UKM), Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur memberikan ruang bagi 75 peserta PKT hasil binaan dalam memasarkan hasil produknya, sehingga peningkatan penghasilanya dapat dirasakan,” ujar Igan.