Car Free Day Jakarta Dan Clean Up Jakarta Day

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar tampak hadir pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day Kota Jakarta Timur di Sepanjang Jalan Pemuda Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Minggu (25/8/2019).

Hadir mendampingi Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto, Para Asisten, para Dewan Kota dan jajaran pejabat Kota Administrasi Jakarta Timur.

Kegiatan HBKB Bulan Agustus kali ini sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia dan Pencanangan Clean Up Jakarta Tahun 2019. Dalam kesempatan ini semua  warga dan para peserta lomba melakukan kegiatan membersihkan wilayah sekitar dan juga dilombakan kegiatan  memungut sampah.

Dukungan Pemerintah Kota Jakarta Timur antara lain melakukan perlombaan pungut sampah yang diikuti para pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK). Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, mengatakan bahwa lomba ini sangat mengedukasi anak-anak untuk menjaga kebersihan.

"Soal kebersihan kita harus ajarkan dari hulu, yaitu sejak usia dini, taman kanak-kanak hingga ke hilir yaitu usia dewasa, sehingga akan tertanam kuat dengan perilaku dan kebiasaan mereka sehari-hari," katanya.

Sampah-sampah yang sudah dikumpulkan dipisahkan berdasarkan jenisnya. Sampah yang bisa didaur ulang akan diserahkan ke Bank Sampah milik Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur. "Sedangkan sampah yang tak bisa didaur ulang akan dibuang ke tempat pembuangan sampah," tambahnya.

Adapun sejumlah perlombaan rakyat diselenggarakan diantaranya, lomba tarik tambang, lomba balap karung, lomba balap klereng, lomba makan kerupuk, lomba bakiak serta lomba memasukan batu kedalam botol.

Selain itu juga, berbagai hiburan rakyat salah satunya, Dongeng dan Perpustakaan oleh Sudin Perpustakaan dan Arsip, Pengukuran kualitas udara oleh Sudin Lingkungan Hidup dan bazar Program Kewirausahaan Terpadu (PKT), penampilan seni budaya dan doorprize.