Sekko Terima Tim Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Ke Pemkot Jaktim

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi menerima Tim Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta dalam rangka Visitasi Pemeringkatan Badan Publik DKI Jakarta tahun 2019 di Ruang Sekretariat PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Lantai 2 Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (21/10/2019).

Tujuan kegiatan visitasi Pemeringkatan Badan Publik DKI Jakarta ialah dalam rangka pemantauan evaluasi website Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Hal itu dilakukan sesuai dengan Peraturan Gubernur 175 Tahun 2016 Pasal 61 dan 62 tentang Layanan Informasi Publik.

Perlu diketahui bahwa Pemerintah Kota Jakarta Timur menempati salah satu yang telah sukses dilakukan visitasi, yaitu dari 76 Badan Publik di Provinsi DKI Jakarta. Caranya dengan penyebaran kuesioner dan pemantauan evaluasi terdapat 28 Badan Publik yang sudah sesuai dengan kriteria penyebaran informasi publik.

"Mereka melihat sudah sejauh mana, kinerja yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Timur,tentang informasi pelayanan publik yang berada di Jakarta Timur," kata Usmayadi.

Ia menyebutkan, Tim Komunikasi Informasi Provinsi DKI Jakarta menjelaskan, dari 76 unit sudah dilakukan evaluasi mengerucut memjadi 28 unit. Salah satunya, Jakarta Timur menjadi masuk kriteria evaluasi penyebaran informasi publik.

"Tentunya kita harus benar-benar menunjukkan harus obyektif dan konsekuen dalam melayani masyarakat Jakarta Timur. Termasuk informasi yang disampaikan ke publik bisa kita sharing mana yang negatif mana yang positif,dan juga kita bisa menjawab dengan setiap pertanyaan dari masyarakat" jelasnya.

Dari kunjungan ini, Usmaydi mengucapkan terima kasih kepada Tim PPID Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta. Ia berharap, Jakarta Timur bisa terus memberikan informasi yang terbaik bagi masyarakat.

"Kita menjadi salah satu yang masuk kriteria tentang penyampaian informasi yang baik kepada publik dari 76 Badan Publik yang sudah dilakukan monitoring dan evaluasi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Komisioner Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Provinsi DKI Jakarta Mohammad Dawam mengatakan, sejak bulan Juli sudah disebarkan kuesioner dan evaluasi di Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Ia menyebutkan, sudah banyak perubahan yang meningkatkan di Jakarta Timur. Ia menilai, saat ini progres dari situs web Jakarta Timur sangat pesat.

"Saya berharap badan pubik yang lain, ikut meniru Jakarta Timur dari segi inovasi dan perubahan terus menerus agar semakin baik kedepannya," pungkas Dawam.