Kelurahan Kramat Jati Kini Punya Laboraturium Pertanian

Kelurahan Kramat Jati memiliki laboratorium pertanian dengan luas 684 meter persegi. Laboratorium pertanian tersebut berada di antara RPTRA Mustika Kramat dan Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.

Keberadaan laboratorium pertanian ini merupakan inisiiatif warga. Tempat ini dibuat untuk memberikan ruang bagi warga yang ingin bercocok tanam.

Tempat tersebut menjadi salah satu ruang bagi warga untuk belajar bercocok tanam dan melakukan penelitian jenis tanaman.

“Ini penanamannya dilakukan secara berkelompok, agar masyarakat yang datang mudah mengenalinya,” ujar Lurah Kramat Jati, Husni Abdullah, Kamis (6/2/2020).

Laboratorium pertanian tersebut dikelola oleh Kelompok Tani (Poktan) Mustika dan para kader Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Kramat Jati. Lokasi tersebut pun masuk dalam area terpadu dengan kelengkapan fasilitas puskesmas, RPTRA, posko pemadam kebakaran, karang taruna dan kantor lurah.

Husni menyebutkan, laboratorium pertanian tersebut berisi 80-100 jenis tanaman obat keluarga, sayuran, dan tanaman hias. Diantaranya yaitu, jahe merah, kumis, kucing, buah tin, sereh, daun sirih, gingseng, kangkung, bayam, terong, cabai, labu, kacang panjang dan lainnya. (VS)