Kelurahan Ciracas Sulap Tong Jadi Tempat Cuci Tangan Unik

Kelurahan Cicaras menggalakkan gerakan pencegahan penyebaran virus corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) dengan menyediakan tempat cuci tangan di pintu masuk Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Menariknya, tempat cuci tangan dibuat dari tong bekas yang disulap menjadi wadah berguna dan disediakan sabun cuci tangan. Tong dikemas menarik dengan cat warna abu-abu dan gambar berwarna serta tulisan ajakan untuk mencuci tangan pakai sabun.

Lurah Ciracas, Rikia Marwan, menyebutkan, tempat cuci tangan ini disiapkan untuk pengunjung dan karyawan yang akan beraktifitas di kelurahan. Melalui penyediaan tempat cuci tangan ini berguna untuk memutus rantai virus corona yang sedang mewabah.

"Dengan adanya tempat ini kita untuk selalu rajin cuci tangan sebelum beraktifitas dan sesudah aktifitas," ujar Rikia, Senin (23/3/2020).

Rikia mengatakan, pembuatan tempat cuci tangan ini menggunakan bahan yang mudah dicari untuk kemudian dimanfaatkan menjadi barang berguna. Adapun pembuatan dilakukan oleh petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Kelurahan Ciracas.

"Nanti ada kita taruh personil PPSU yang mengontrol pengunjung dan karyawan untuk mencuci tangan sebelum memasuki kantor kelurahan," katanya. (VS)