Walikota Jaktim Hadiri Safari Jumat Di Kelurahan Kalisari

 Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, menghadiri Safari Jumat di Masjid Baiturrahaman RW 05 Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jumat (21/11). Pada kesempatan ini, Walikota memberikan santunan untuk pembangunan masjid di wilayah Jakarta Timur.

Walikota mengatakan, bantuan tersebut berasal dari BAZIS Jakarta Timur yang secara rutin diserahkan usai sholat Jumat dalam rangka Safari Jumat yang dilakukan di masjid-masjid. Tiap kali kegiatan Safari Jumat, ada 10 hingga 14 masjid yang mendapatkan santunan yang diserahkan secara simbolis oleh Walikota

“Jika nantinya masjid yang sudah selesai tahap pembangunannya, diharapkan masjid bisa digukan oleh masyarakat secara maksimal dan jangan sampai Masjid dalam keadaan terkunci, Masjid harus selalu terbuka agar para warga yang ingin beribadah maupun melakukan aktifitas keagamaan dapat melaksanakannya dengan baik,” kata Krisdianto.

Menurutnya, apabila masjid sudah digunakan oleh para warga untuk melakukan aktifitas keagamaan maka jangan lupa agar tetap menjaga kebersihan lingkungannya. Jangan sampai sudah diberikan kebebasan melakukan berbagai aktifitas, tetapi kebersihan masjid tidak dijaga.

“Saya berharap Masjid yang ada di Jakarta Timur agar dimanfaatkan dan digunakan semaksimal mungkin untuk kegiatan keagamaan, Masjid harus dimakmurkan oleh para Jamaahnya. Jika Masjid sudah berdiri dengan megah maka jangan sampai sepi Jamaah, harus banyak kegiatan keagamaan atau kegiatan sosial lainnya untuk memakmurkan Masjid, dan selalu sholat Berjamaah di Masjid,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Baiturrahman, Sahikan, megatakan, Masjid Baiturrahman didirikan diatas tanah wakaf dari dua orang warga RW 05 Kelurahan Kalisari. Saat ini sedang tahap pembangunan lantai dua sebagai perluasan masjid.

“Kegiatan yang paling sering dilaksanakan di Masjid Baiturrahman adalah kegiatan TPA yang dilaksanakan setiap hari pada sore hari, kegiatan ini diikuti sebanyak 80 santri dari kalangan anak anak. Sampai saat ini, dari kegiatan TPA sudah ada beberapa anak yang masih sekolah ditingkat sekolah dasar sudah bisa menghafal Al-Quran sebanyak 6 Juz, tentu ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita,” papar Sahikan.

Menurutnya, sebelum datangnya bantuan dana pembangunan masjid dari BAZIS Jakarta Timur, beberapa waktu lalu RW 05 Kelurahan Kalisari ini juga mendapatkan bantuan berupa perbaikan sembilan jalan disekitar Masjid dari Sudin Perumahan Jakarta Timur. “Tentunya ini sangat bermanfaat sekali bagi para warga sekitar dimana jalan sudah bagus dan kini masjid sedikit berkurang bebannya dalam hal pendanaan pembangunan Masjid,” ujarnya. (Idham/Kominfomas JT)