Ratusan Warga Kelurahan Kayu Manis Ikuti Rapid Tes COVID-19

Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, menggelar rapid test atau tes cepat massal untuk masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran penularan Coronavirus Disease (COVID-19).

Tes cepat tersebut diikuti ratusan warga setempat dari sejumlah RW, mereka berdatangan ke halaman Kantor Kelurahan Kayu Manis setelah mendengar pemberitahuan dari petugas.

Sekretaris Kelurahan Kayu Manis, Affan Aflan, mengatakan, penyelenggaraan tes cepat di wilayahnya diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang sebelumnya telah memetakan wilayah padat penduduk.

"Tes cepat di Kelurahan Kayumanis ini berlangsung 13-15 Mei 2020 melalui pembagian skala prioritas pemeriksaan," kata Affan, saat dikonfirmasi, Kamis (14/5/2020).

Ia menjelaskan, Kelurahan Kayu Manis memperoleh kuota 200 alat tes cepat untuk kegiatan tersebut.  Gelombang pertama untuk warga berusia 39-59 tahun, gelombang berikutnya 15-39 tahun dan gelombang terakhir di atas 60 tahun.

"Dari klasifikasi pemeriksaan ada empat warga akan menjalani tes swab untuk memastikan hasilnya apakah positif COVID-19 atau tidak," tandasnya. (AJ)