Pemkot Jaktim Raih Penghargaan Website Kota Terbaik 2015

Website Kota Administrasi Jakarta Timur dengan alamat timur.jakarta.go.id, berhasil merebut  peringkat II untuk kategori Web Kota Terbaik, dalam ajang penghargaan Website Kabupaten/Kota Terbaik (Kabta Web Awards) 2015. Penghargaan yang diadakan beritasatu.com tersebut, diserahkan Ir. H. Irman Msi, Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik kepada Kasudin Kominfomas Jakarta Timur Nurjanah, di Gedung Beritasatu, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36, Jakarta Selatan, Jumat (28/8).

Kasudin Kominfomas yang hadir mewakili Walikota Jakarta Timur mengaku gembira mendapatkan penghargaan untuk kategori Web Kota Terbaik. Terlebih, dari 98 kota di Indonesia, hanya 6 kota saja yang lolos seleksi untuk mendapatkan penghargaan. Selain itu, dari lima wilayah Kota Administrasi di Provinsi DKI Jakarta, hanya Jakarta Timur yang mendapatkan penghargaan.

“Penghargaan  ini sangat berharga bagi kami, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur untuk lebih memacu kinerja dan meningkatkan pelayanan informasi publik utamanya melalui media online atau website,” kata Nurjanah.

Nurjanah mengatakan, pihaknya memang sangat fokus dalam pengembangan website untuk memberikan pelayanan informasi publik.  “Pelayanan informasi publik merupakan salah satu tugas pokok pemerintah, termasuk Pemprov, Pemkab dan Pemkot, sebagai sarana meningkatkan pengetahuan masyarakat, penguasaan informasi publik, dan memajukan kecerdasan publik, untuk lebih proaktif dan kritis dalam menilai kinerja birokrasi,” paparnya.

Pada kesempatan ini, dirinya memberikan apresiasi kepada beritasatu.com yang memprakarsai Kabta Web Awards. “Semoga pengehargaan ini akan semakin memacu dan memotivasi pemerintah kabupaten dan kota untuk berinovasi dan kreatif dalam mengelola websitenya,” tukas Nurjanah.

Abang Erwin salah satu dewan juri Kabta Web Awards 2015 mengatakan, dari 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia, setelah dilakukan penilaian hanya 369 web kabupaten dan 96 web kota yang layak dinilai karena memenuhi sejumlah persyaratan. Persyaratan itu antara lain, aktif digunakan, masuk dalam peringkat Alexa Indonesia, melakukan update informasi, serta memfungsikan situsnya sebagai sarana informasi dan komunikasi.

Menurut Erwin, ada enam kriteria  yang menjadi patokan bagi tim juri terhadap 465 web pemerintah kabupaten dan kota yang lolos penilaian. Enam kriteria tersebut meliputi konten dengan bobot penilaian 35 persen, navigasi (25 persen), aksebilitas (20 persen), aktualitas (10 persen) dan estetika (10 persen). “Proses penjurian sendiri berlangsung mulai 25 Maret hingga akhir Mei 2015,” paparnya.

Setelah melakukan penilaian panjang, dewan juri yang terdiri dari Abang Edwin, Sarimun Hadisaputra (Apeksi), Adriansyah (Apkasi), Kartika Djoemadi, dan Pemred Beritasatu.com Primus Dorimulu, menetapkan masing-masing enam kabupaten dan kota yang memiliki web terbaik dan satu kabupaten menerima penghargaan khusus. Selain itu, Beritasatu.com memberi kesempatan kepada para pembaca untuk memilih web favorit mereka. Hasilnya, masing-masing tiga web kabupaten dan kota ditetapkan sebagai web favorit pilihan pembaca.

Untuk 6 Web Kabupaten Terbaik yaitu, Kabupaten Bojonegoro,  Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Karawang, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Pulau Morotai. Sementara 6 Web Kota Terbaik yaitu  Kota Malang, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Surabaya, Kota Surakarta,  Kota Padang Panjang dan Kota Denpasar.

Web yang mendapat penghargaan khusus (Best Content) yaitu Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk 3 Web Kabupaten Favorit Pilihan Pembaca yaitu Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Simeleue dan  Kabupaten Tabanan. Sedangkan 3 Web Kota Favorit Pilihan Pembaca yaitu Kota Banda Aceh, Kota Denpasar dan Kota Cilegon. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)