Normalisasi PHB Alu-Alu Ditargetkan Rampung Awal Desember

Saluran Penguhubung (PHB) Alu-alu, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, dinormalisasi. Ditargetkan, proyek normalisasi PHB sepanjang 2 kilometer tersebut, bakal rampung awal Desember 2015 mendatang, sebelum puncak musim penghujan.

Selain melakukan pengerukan sendimen lumpur, pengerjaan juga akan meliputi perbaikan turap yang alami kerusakan. Nantinya, hasil normalisasi diharap mampu atasi genangan yang kerap terjadi di Jalan Pisangan Lama, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulo Gadung.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sumber Daya Air Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Timur, Mukhid mengatakan, saat puncak musim penghujan lalu, genangan di Jalan Pisangan Lama mencapai ketinggian lebih dari 20 sentimeter. Untuk mengatasinya, pihak Sudin PU Tata Air lakukan pengurasan PHB Alu-alu mulai dari hulu di Jalan Wisma Jaya, Rawamangun hingga ke bagian hilir di Jalan Alu-alu, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung.

"Sudah kita mulai pekan ini, totalnya nanti pengerjaan meliputi sekitar 2 kilometer. Di bagian hilir, air akan dialirkan ke Kali Sunter," ujarnya, Jumat (25/9).

Diakui Mukhid, panjangnya waktu pengerjaan dikarenakan pengurasan harus dilakukan secara manual oleh tenaga kerja (TK). Sebab, kontur lokasi tidak memungkinkan penggunaan alat berat. Selain tidak ada akses masuk, lebar PHB tidak mencukupi penggunaan alat berat,  

Tak hanya pengurasan, pengerjaan juga meliputi perbaikan turap. Seperti yang sudah dikerjakan, turap PHB di bagian Jalan Persahabatan Utara sepanjang 40 meter, diperbaiki karena alami kerusakan dan rapuh.

"Kita targetkan rampung awal Desember nanti. Mudah-mudahan bisa dipercepat," ujarnya. (Jonathan/Kominfomas JT)