Pemkot Jakarta Timur Siapkan Kelengkapan Peralatan Penanggulangan Banjir

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat, bersama TNI/Polri meninjau kelengkapan peralatan penanggulangan bencana banjir, di GOR Otista, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (9/10/2020).

Adapun kelengkapan peralatan penanggulangan banjir yang disiapkan yaitu peralatan dapur umum, keperluan pengungsian, dan kendaraan operasional. Ada pula peralatan keselamatan seperti pelampung hingga ban karet.

Hendra mengatakan, dalam pengecekan kesiapan peralatan penanggulangan banjir ini juga sudah disiapkan dengan baik dari Suku Dinas terkait dan juga peralatan  dukungan dari TNI/Polri.

“Kita mendapat dukungan dari TNI/POLRI dalam mengahadapi banjir. Kita tetap berharap banjir tidak terjadi, kalaupun terjadi kita siap menghadapinya dan bisa tanggulangi dengan baik,” ujarnya.

Hendra menambahkan,  dalam menyiapkan kesiagaan bencana banjir, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur juga telah menyiapkan tempat pengungsian di setiap wilayah rawan banjir. Adapun tempat pengungsian tersebut dipastikan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Kita juga telah meminta kepada Camat dan Lurah untuk meyiapkan tempat pengungsian yang lebih dari biasanya, agar protokol kesehatan dapat diterapkan di tempat pengungsian,” tuturnya.

Komandan Korem 051 Wijayakarta, Brigjen TNI Sidharta Wisnu Graha mengatakan dalam perisiapan peralatan penanggulangan banjir ini dilakukan lantaran melihat belakangan hari curah hujan tinggi mengguyur Jakarta dan sekitarnya.

Ia menjelaskan telah mengerahkan personel untuk diseluruh RT/RW, dan Kelurahan yang ada di Jakarta Timur demi mengantisipasi lebih awal sebelum terjadi banjir di wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya. Ia menyampaikan, ada 500 personel TNI yang sudah tersebar di setiap titik rawan banjir di Jakarta Timur.

“Kita harus lebih siap, demi melayani masyarakat dalam menghadapi banjir,” pungkasnya. (AD)