Pedagang Pasar Induk Kramatjati Dapatkan Pelayanan Kesehatan Gratis

Untuk memberikan kemudahan kepada para pedagang untuk mengakses pelayanan kesehatan, Puksesmas Kecamatan Kramatjati bersama Sudin Kesehatan Jakarta Timur mengadakan Gebyar Layanan Pasar Sehat di Agro Outlet Pasar Induk Kramatjati, Kamis (29/10). Kegiatan yang dibuka Asisten Kesmas Provinsi DKI Jakarta Fatahillah ini, turut dihadiri Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Asisten Kesmas Kota Administrasi Jakarta Timur Ibnu Hajar, Camat Kramatjati Eka Darmawan dan Kasudin Kesehatan Jakarta Timur Iwan Setiawan.

“Tujuan acara ini diselenggarakan  untuk mempermudah akses masyarakat pada pelayanan kesehatan, khususnya para pedagang yang sibuk bekerja,” kata Kasudin Kesehatan Jakarta Timur Iwan Setiawan.

Menurut Iwan, para pedagang pasar sangat rentan terkena penyakit. Terlebih lagi mereka tiap harinya selalu sibuk bekerja dan kurang waktu untuk istirahat.

“Semua pelayanan kesehatan yang diberikan seperti yang ada di Puskesmas. Untuk pengobatan dan pemeriksaan tanpa dikenai biaya atau gratis,” kata Iwan.

Nantinya kegiatan ini dilakukan tiga kali dalam satu minggunya. Menurut Iwan, pola yang dilakukan di Pasar Induk Kramatjati ini juga akan dikembangkan oleh Puskesmas lainnya.

“Nanti rumah sakit swasta juga akan diikutsertakan untuk mendukung program kesehatan yang ada di wilayah Jakarta Timur,” kata Iwan.

Sementara itu, Fatahillah menyambut baik inovasi yang dilakukan Puskesmas Kecamatan Kramatjati dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat  di lingkungan Pasar Induk Kramatjati.  Dirinya pun berharap, PD Pasar Jaya sebagai pihak  pengelola dapat memberikan dukungan penuh untuk menciptakan lingkungan pasar yang sehat.

"Jadi seluruh masyarakat harus mendukung dan mengembangkan pola hidup sehat dan lingkungan bersih sehat," ujar Fatahillah. (Jonathan/Kominfomas JT)